Unik, Ini Nama 2 Anak Badak Jawa Langka yang Lahir di Ujung Kulon

Berita Peternakan - Dua anak badak Jawa lahir di Taman Nasional Indonesia (phys.org)

Editor: Dera - Senin, 21 September 2020 | 15:00 WIB

SariAgri - Dua anak badak Jawa yang sangat langka lahir di Taman Nasional (TN) Ujung Kulon, Banten. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya pun langsung memberi nama untuk mereka yaitu 'Helen' untuk yang betina dan 'Luther' untuk yang jantan.

"Kelahiran ini membawa harapan besar bagi kelangsungan hidup badak Jawa khusus yang terancam punah,"ujar Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Wiratno dalam keterangan tertulisnya.

Lahirnya dua anak badak tersebut diketahui dari hasil monitoring hampir 100 kamera yang dipasang di TN Ujung Kulon, mulai dari Maret hingga Agustus 2020.

Baca Juga: Unik, Ini Nama 2 Anak Badak Jawa Langka yang Lahir di Ujung Kulon
Genjot Produksi Perkebunan, Petani Kopi di Maros Diingatkan Jaga Kualitas

“Tahun lalu, di TN Ujung Kulon juga terdapat empat kelahiran individu badak Jawa. Kelahiran badak Jawa di TN Ujung Kulon tersebut juga mempertegas bahwa populasi Badak Jawa terus mengalami perkembangbiakan alami dengan baik, sehingga terus memberi harapan besar bagi kelangsungan hidup satwa langka spesies badak jawa,” pungkasnya.

Diketahui, Ujung Kulon adalah habitat liar terakhir badak jawa yang tersisa. Kedatangan anak badak baru ini membuat jumlah kumulatif badak Jawa berdasarkan data terakhir KLHK, mencapai 74 individu, masing-masing 40 jantan dan 34 betina, dengan komposisi umur terdiri dari 15 adalah individu anak dan 59 merupakan klaster usia remaja-dewasa. (Sariagri/Marthin)

Video Terkait 

Video Terkait