Burung Perliharaan Tidak Mau Berkicau? Coba Terapkan 7 Tips Jitu Ini

Peternakan - Ilustrasi Burung Berkicau (Pixabay)

Penulis: Reza P, Editor: M Kautsar - Senin, 31 Agustus 2020 | 17:00 WIB

SariAgri -  Bagi Sobat Agri yang memelihara burung kicauan pasti akan atau bahkan sudah mengalami kondisi di mana burung ocehan mendadak membisu alias tidak berkicau. Sudah pasti kondisi seperti ini akan membuat bingung.

Namun bagi kamu yang baru berkecimpung di dunia burung kicau, tidak perlu khawatir jika masalah ini terjadi pada burung peliharaan. Berikut 7 tips cara bagaimana membuat burung bisa kembali berkicau.

Lingkungan pemeliharaan

Burung berkicau sangat menyukai dan memerlukan lingkungan yang mendukung ketenangan. Saat burung diam tidak mau berkicau, cobalah untuk memindahkan lokasi kandang ke tempat yang suasananya lebih tenang, rindang, dan sejuk. Ini secara cepat akan merangsang burung untuk kembali berkicau.

Rutin mengecek kondisi

Faktor kesehatan jadi kunci utama dalam setiap pemeliharaan burung. Apabila burung kicauan terlihat lesu dan tidak aktif bergerak, ada baiknya segera diperiksa karena kemungkinan besar burung terkena penyakit.

Dalam kondisi ini, segeralah mencari obat yang cocok dengan gejala burung kicauan yang dipelihara. Jika tidak membaik, kamu bisa membawanya ke dokter hewan.

Kebersihan kandang

Banyak orang yang memelihara burung kicauan yang ingin burung berkicau setiap saat tetapi tidak memerhatikan kebersihan kandang. Kebersihan kandang tidak hanya soal wadah air dan dasar kandang yang sering kotor saja. Baiknya juga kamu perhatikan selipan-selipan pada sangkar untuk perlu juga dibersihkan sebagai antisipasi timbulnya bibit penyakit.

Jemur secara rutin

Selain baik untuk kesehatan burung, menjemur burung secara teratur juga baik untuk mematikan bibit penyakit yang akan menyerang. Lakukan prose penjemuran secara teratur setiap hari dengan porsi yang tepat.

Makanan bervitamin

Makanan yang bervitamin sangat penting dalam membentuk performa burung yang prima sehingga dapat berkicau dengan merdu. Buah-buahan, seperti apel, pisang, dan pepaya sangat dianjurkan untuk diberikan pada burung kicauan.

Baca Juga: Burung Perliharaan Tidak Mau Berkicau? Coba Terapkan 7 Tips Jitu Ini
Tips Jitu Merawat Burung Lovebird bagi Para Pemula

Makanan tambahan

Burung kicauan baiknya tidak hanya diberikan makanan berupa pelet saja. Sesekali burung kicauan memerlukan makanan tambahan yang memiliki protein tinggi seperti jangkrik, kroto, kelabang kecil, dan ulat.

Gunakan suara burung lain sebagai pancingan

Menggunakan pancingan suara kicauan merupakan sebuah terapi untuk burung yang sedang malas berkicau. Dengan menggunakan burung asli ataupun rekaman suara burung, burung diam akan terangsang untuk berkicau kembali.