Mesin Pencetak Pelet Solusi Efisien Pembuatan Pakan Ternak Unggas

Mesin pencetak pelet. (Balitbangtan)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 5 Agustus 2020 | 09:30 WIB

SariAgri - Pakan menjadi salah satu faktor penting dalam beternak unggas. Berdasarkan ukurannya, pakan unggas dapat diberikan dalam bentuk tepung (mash), crumble, pelet.

Ukuran pakan yang berbeda ini diberikan pada unggas sesuai dengan umurnya. Pakan unggas dalam bentuk pelet lebih tahan lama disimpan dan densitasnya meningkat dibanding dalam bentuk tepung.

Badan penelitian dan Pengembangan pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) mengembangkan mesin pencetak pelet. Mesin ini mencetak campuran bahan pakan ternak unggas berbentuk tepung atau butiran yang telah dicampur sebelumnya dengan menggunakan mesin mixer menjadi bentuk pelet.

Mesin pencetak pelet yang memiliki dimensi keseluruhan panjang 1125 mm, lebar 800 mm, dan tinggi 1446 mm ini sangat efektif dalam menghasilkan pakan ternak berbentuk pelet.

Baca Juga: Mesin Pencetak Pelet Solusi Efisien Pembuatan Pakan Ternak Unggas
Sorgum Tanaman Pangan yang Bisa Tumbuh Subur Meski Tanpa Air

Penggerak utama mesin ini berupa motor listrik tiga fase dengan daya 7,5 Hp. Untuk pengoperasiannya mesin ini dilengkapi dengan screw conveyor. Fungsinya untuk membawa dan mengalirkan campuran bahan pakan yang akan dicetak ke dalam hopper pengumpan. Kapasitas produksi pelet mencapai 150 kg/jam.

Dengan menggunakan mesin pencetak pelet ini, peternak akan sangat efisien dan menghemat biaya operesional untuk pakan ternak. Selain itu, dengan adanya mesin pencetak pelet ini diharapkan peternak dapat mengembangkan bisnis pelet atau penyuplai pakan ternak. Selain itu peternak dapat menghemat biaya operasional pakan ternak untuk bisnis ternak sendiri.