Tips Hilangkan Aroma Prengus Daging Kambing Sebelum Dimasak

Ilustrasi Daging Kambing (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Sabtu, 1 Agustus 2020 | 13:01 WIB

SariAgri - Salah satu tantangan dalam mengolah daging kambing adalah menghilangkan bau prengus. Untuk menghilangkan aroma prengus, sebagian orang berpendapat merebus daging kemudian membuang air rebusannya sebelum mengolahnya menjadi masakan. Benarkah demikian?

President of Association of Culinary Professionals Chef Stefu Santoso mengatakan, sebenarnya bukan semata merebus dengan air tetapi juga sembari menambahkan rempah-rempah ke dalam rebusan.

"Daging kambing mempunyai aroma khusus karena berasal dari pakan atau makanan yang mereka konsumsi sewaktu hidup. Aromanya yang khas memang cukup kuat. Kalau mau mengurangi aroma tersebut harus dimasak dengan banyak rempah," ujarnya melalui pesan elektroniknya belum lama ini.

Menurut Stefu, daging dapat direbus bersama jahe, sereh, cengkeh dan kayu manis, kemudian kembali memasaknya dengan rempah-rempah lagi.

"Kalau hanya direbus dengan air saja kemudian buang airnya disebut sebagai proses blanching," kata Stefu.

Selain itu, dia menyarankan sebaiknya memilih daging dari kambing yang usianya masih sangat muda. Untuk bisa melihat usia kambing muda atau tua, bisa terlihat dari ciri-ciri fisik yaitu kambingnya masih agak kecil.

"Tapi yang pasti kita harus bertanya sama yang jual, karena kadang bentuk fisik kecil belum tentu usianya muda. Yang paling pasti adalah ditanya usianya," katanya.

Selain aroma, lanjut Stefu, sebaiknya menerapkan teknik khusus agar daging empuk saat dikonsumsi. Salah satunya membungkus daging dengan daun pepaya tetapi tidak boleh terlalu lama karena bisa membuat daging menjadi pahit.

"Biasanya bisa sekitar 30 menit hingga satu jam, dan ini tergantung usia daging juga. Kalau sudah tua akan keras," kata Stefu.

Baca Juga: Tips Hilangkan Aroma Prengus Daging Kambing Sebelum Dimasak
Resep Bumbu Sate Kambing yang Simpel dan Enak

Setelahnya, daging bisa diolah menjadi beragam masakan dan disarankan yang sifatnya wet cooking seperti gulai, sop, tongseng, tengkleng dan lainnya karena akan membuat daging menjadi lebih empuk

"Cara yang terbaik, dimasak dengan cara stewed atau wet cooking atau masak yang dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan rempah-rempah," pungkasnya. (Ant)