Tips Membedakan Daging Sapi, Babi, dan Celeng

Ilustrasi sapi dan babi (Foto: Pixabay)

Editor: M Kautsar - Senin, 18 Mei 2020 | 18:30 WIB

SariAgri - Peredaran daging celeng di Kota Bandung, Jawa Barat telah meresahkan masyarakat. Menanggapi hal ini, Dinas pangan dan pertanian Kota Bandung telah mengecek peredaran tersebut.

Kabid Keamanan Pangan Dispangtan Kota Bandung, Erma Riah, menyebut telah menyidak 34 pasar tradisional dan enam pasar besar (swalayan) di Kota Bandung. "Hasil sidak atas laporan dari petugas dispangtan yang telah kita sebar, semua negatif," kata Erma, pekan lalu.

Menurutnya, sidak kali ini melibatkan Badan Pengawas obat dan Makanan (BPOM), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat. Dia menyebut, hasil yang didapat menggunakan metode detection pig (deteksi daging babi) tersebut dapat mengetahui hanya dengan 5 menit menunggu dengan hasil yang cepat dan akurat.

"Kami melakukan usaha secara maksimal dengan memakai metode pendeteksi daging tercepat dan terakurat. Selanjutnya kami sudah menyusun strategi melakukan pemeriksaan pada pedagang eceran keliling di lingkungan masyarakat dan di pintu masuk cek poin Kota Bandung," jelasnya.

Bagaimana masyarakat bisa membedakan, daging sapi, daging celeng, dan daging babi? Berikut penjelasan dari Dispangtan Kota Bandung.

Baca Juga: Tips Membedakan Daging Sapi, Babi, dan Celeng
Pentingnya Menghindari Krisis Pangan Dunia Akibat Pandemi Corona

Daging sapi umumnya berwarna merah tua. Serat daging sapi kasar dan rapat, serta memiliki tekstur yang kenyal.

Daging sapi juga dikenal tebal dan keras. Aromanya pun khas sapi.

Sementara itu, daging babi punya warna merah pucat. Dagingnya bertekstur halus renggang dan lunak. Perbedaan lain yang menonjol yaitu aroma daging babi yang amis dan menyengat.

Adapun daging celeng punya karakteristik yang mirip dengan daging babi. Tapi, warna daging celeng lebih segar. Sementara itu serat daging celeng terbilang rapat dan teksturnya lunak. Lemak daging celeng tipis dan berbau amis cenderung anyir.

Video Terkait