Pemprov Lampung Sebut Stok Sapi Potong Cukup Jelang HBKN

Ilustrasi sapi Bali. (Antara)

Editor: Rashif Usman - Sabtu, 18 Maret 2023 | 19:49 WIB

Sariagri - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengatakan ketersediaan sapi potong di daerahnya cukup menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

"Untuk menghadapi HBKN ketersediaan sumber daging telah tersedia di peternakan rakyat serta di perusahaan penggemukan sapi di Lampung," ujar Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Anwar Fuadi, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan untuk ketersediaan ternak berupa sapi potong ada sebanyak 10.044 ekor yang tersedia di perusahaan penggemukan sapi.

"Di Lampung ada sebanyak 10 perusahaan penggemukan sapi, dan berdasarkan data sementara ketersediaan sapi ada 10.044 ekor yang disiapkan oleh penggemukan sapi," katanya.

Dia menjelaskan untuk sapi siap jual ada sebanyak 12.768 ekor yang siap untuk pemenuhan konsumsi masyarakat juga.

"Tentu kebutuhan konsumsi kita hanya 7.000-8.000 ekor per bulan dengan adanya stok ini cukup memenuhi permintaan masyarakat," tambahnya.

Menurut dia, selain untuk memenuhi kebutuhan konsumsi lokal, Lampung sebagai lumbung ternak juga diwajibkan untuk memenuhi permintaan dari daerah lain yang tidak memiliki stok sapi potong.

Baca Juga: Pemprov Lampung Sebut Stok Sapi Potong Cukup Jelang HBKN
Brasil Dilanda Wabah Sapi Gila, Ekspor ke China Disetop

"Jadi sebagai lumbung ternak 40-50 persen dari stok didistribusikan ke luar Lampung. Menjelang Idul Fitri dan Ramadhan ini karena stok mencukupi yang perlu dijaga adalah kenaikan harga jangan sampai terjadi sehingga menjaga daya beli masyarakat juga," kata dia.

Ia melanjutkan untuk ketersediaan unggas baik telur dan daging unggas semua stabil serta tersedia.

"Harapannya dengan adanya Ramadhan ini konsumsi meningkat, serapan baik jadi peternak dapat hasil yang lebih baik," ujar dia lagi.