Peduli Kesehatan Mental Pekerja Pertanian, Peternak Muda Dirikan Badan Amal

Ilustrasi peternakan sapi. (Pixabay)

Editor: Dera - Senin, 28 November 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Ffion Hooson adalah seorang mahasiswa reguler di salah satu perguruan tinggi. Tapi setelah ayahnya terkena stroke, dia harus menjalankan perternakan keluarga di pinggiran Denbigh, Wales.

Meskipun belajar soal berternak, Ffion tidak banyak terlibat dalam industri sampai ayahnya sakit. Namun kini, wanita berusia 18 tahun itu kesehariannya memerah susu, serta merawat 100 sapi dan domba.

"Itu adalah tanggung jawab besar, rasanya seperti saya dilemparkan ke ujung yang dalam.Itu sangat sulit," Katanya.

"Karena saya tidak terlalu terlibat ketika saya tumbuh dewasa, saya tidak cukup belajar untuk mengetahui secara pasti apa yang saya lakukan, jadi saya seperti terlempar. Dan saya harus mengambil semua keterampilan dan melakukannya sendiri," imbuhnya. 

Di tengah semua ini, dia meluangkan waktu untuk media sosial dan terhubung dengan orang-orang secara online. Ini sangat penting bagi Ffion karena dampak dari bekerja sendiri selama berjam-jam bisa membuat stress.

“Saya banyak menggunakan media sosial. Saya berbagi perjalanan bertani saya di sana dengan memposting gambar dan berbagi kehidupan sehari-hari," ujarnya.

"Saya punya banyak pengikut, jadi banyak orang mengikuti perjalanan saya dan mempelajari banyak hal juga bersama saya. Itu membantu dan saya mendapat teman. Dan saya bisa berbicara dengan orang-orang di sana dan belajar banyak hal dari mereka. Saya juga mengikuti beberapa petani besar, jadi kami bisa berdiskusi dan itu menghilangkan rasa kesepian," akunya.

Ffion memiliki ribuan pengikut di Instagram dan juga menggunakan Facebook dan Twitter untuk terhubung dengan orang-orang. Kesepian sangat lazim di komunitas pertanian karena kebanyakan petani sendirian melakukan pekerjaan ini selama 24 jam, tujuh hari seminggu.

Baca Juga: Peduli Kesehatan Mental Pekerja Pertanian, Peternak Muda Dirikan Badan Amal
Populasi Ternak Uni Eropa Turun 8,9 Persen dalam 20 Tahun



"Ada banyak hal yang terputus dan jika kamu tidak berada di media sosial maka saya kira kamu akan merasa lebih terisolasi daripada biasanya," dia mengungkap.

Hal ini kemudian melatari Hooson untuk mendirikan badan amal kesehatan mental DPJ Foundation. Melansir FarmingUK, badan amal tersebut kini telah membantu lebih dari 650 pekerja pertanian dan peternakan di seluruh Wales.