Flossie, Kucing Tertua di Dunia Berumur 26 Tahun

Flossie, kucing tertua di dunia (Istimewa)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Jumat, 25 November 2022 | 16:30 WIB

Sariagri - Rekor baru telah ditetapkan oleh seekor hewan peliharaan di London tenggara sebagai kucing tertua yang masih hidup di dunia.

Flossie yang berumur 26 tahun dari Orpington, dikonfirmasi sebagai kucing tertua oleh Guinness World Records. Usia kucing itu kini setara dengan usia manusia yaitu 120 tahun.

Pemilik Flossie, Vicki Green menggambarkan kucingnya itu sebagai kucing yang luar biasa. Meski tuli dan penglihatannya buruk, tetapi Flossie merupakan hewan yang menyenangkan dan penyayang.

"Saya tahu sejak awal bahwa Flossie adalah kucing yang istimewa," kata Ms Green. Tapi saya tidak membayangkan akan berbagi rumah dengan pemegang gelar Guinness World Records.
Dia sangat penyayang dan menyenangkan, terutama terlihat manis ketika kamu ingat berapa usianya," ujar Green, dikutip dari BBC.

Flossie sudah berpindah-pindah rumah sejak lahir sebagai anak kucing liar di dekat Rumah Sakit Merseyside di Liverpool, barat laut Inggris, dalam beberapa bulan pertama hidupnya pada 1995.

Lalu dia diadopsi oleh seorang pekerja di rumah sakit itu dan tinggal bersama selama 10 tahun sebelum pemilik pertamanya meninggal dunia. Flossie kemudian diasuh oleh saudara perempuan pemilik sebelumnya.

Setelah 14 tahun, pemilik keduanya meninggal. Dia kemudian bersama putra pemilik keduanya selama tiga tahun, sebelum dipercayakan kepada sukarelawan di Cats Protection.

Sejak saat itu, kabar tentang usianya yang luar biasa mulai menyebar dan perjalanan untuk memastikan rekornya dimulai. "Kami tercengang saat melihat catatan dokter hewan Flossie menunjukkan dia berusia 27 tahun," kata Naomi Rosling, koordinator cabang Cats Protection, dalam rilisnya.

Baca Juga: Flossie, Kucing Tertua di Dunia Berumur 26 Tahun
Fenomena Langka! Anak Kucing Lahir dengan Dua Muka di Thailand

Sebagian besar pemilik kucing lebih suka mengadopsi kucing yang jauh lebih muda, sedangkan hewan tua sering menjalani hari-hari terakhir mereka di tempat penampungan. Tapi, Green punya preferensi berbeda.

"Saya selalu ingin memberi kucing yang lebih tua kehidupan yang nyaman di kemudian hari," kata Green, yang berharap cerita Flossie akan mendorong calon pemilik kucing untuk menyediakan tempat berlindung bagi hewan peliharaan yang lebih tua.

Video Terkait