Berikan 5 Jenis Makanan Ini agar Kicauan Burung Pleci Semakin Merdu

Pleci, Burung kacamata (foter.com)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 25 November 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Dalam memelihara hewan peliharaan, pemberian pakan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Tak terkecuali pada burung pleci. Hal ini dilakukan agar kesehatan pleci tetap terjaga.

Burung pleci merupakan jenis burung yang berasal dari genus Zosterops. Burung ini menjadi salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh para pecinta burung.

Pasalnya, meski berukuran kecil, burung pleci dikenal memiliki suara yang merdu. Tak heran, mengapa burung ini kerap diikutsertakan dalam kontes kicau burung. Oleh sebab itu, perawatan burung pleci harus benar-benar terjaga.

Makanan burung pleci agar kicauannya merdu

Agar burung pleci menghasilkan kicauan yang merdu dan gacor, pemberian makanannya tidak boleh sembarang. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, maka dapat membuat burung pleci menghasilkan kicauan yang merdu.

Di dalam habitat aslinya, makanan burung pleci berupa buah, sayur, dan serangga. Oleh sebab itu jika ingin memeliharanya, sebaiknya berikan jenis pakan yang tidak jauh berbeda.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis makanan burung pleci yang mampu menghasilkan kicauan gacor dan merdu.

1. Buah-buahan segar

Buah-buahan segar seperti pisang, apel, pir jeruk, berry adalah makanan burung pleci yang bisa diberikan setiap harinya. Buah-buahan ini mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan dan meningkatkan stamina burung pleci.

Jangan lupa untuk mencuci buah hingga bersih sebelum diberikan, agar kandungan kimia seperti pestisida bisa hilang. Kemudian potong buah menjadi ukuran kecil agar mudah dimakan oleh pleci.

2. Sayur-sayuran

Selain buah-buahan, sayuran juga termasuk makanan sehat yang baik untuk kesehatan pleci. Sayuran mengandung vitamin dan mineral, yang dapat bermanfaat meningkatkan kicauan menjadi merdu dan mempercantik bulu pleci.

Jenis sayuran yang bisa diberikan antara lain, timun, gambas, tomat dan wortel.

Berikat sayuran ini secara rutin agar kebutuhan vitamin dan mineral burung pleci dapat terpenuhi.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Burung pleci juga bisa diberikan kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang tanah, kedelai dan kenari. Makanan ini menjadi sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan burung pleci.

Namun kacang dan biji-bijian ini, sebaiknya tidak diberikan sebagai makanan utama tetapi menjadi makanan pendamping.

Makanan ini bisa memberi energi, sehingga kicauan pleci lebih merdu dan gacor. Jangan lupa untuk merebusnya terlebih dahulu dan
biarkan sampai dingin sebelum diberikan pada pleci.

4. Kecambah

Makanan pendamping lain yang bisa diberikan untuk burung pleci adalah kecambah. Kecambah mengandung banyak protein dan mineral yang dibutuhkan burung pleci.

Pilihlah kecambah dengan kualitas yang terbaik kemudian cuci kecambah hingga benar-benar bersih.

5. Serangga

Makanan lainnya yaitu serangga seperti ulat kandang, ulat hongkong, jangkrik atau kroto. Ulat kandang kaya akan protein, sehingga meningkatkan kicauan pleci menjadi lebih lantang dan lincah.

Baca Juga: Berikan 5 Jenis Makanan Ini agar Kicauan Burung Pleci Semakin Merdu
Manfaat Memandikan Burung Pleci di Malam Hari Berserta Caranya

Sementara ulat hongkong mampu membuat paruh burung pleci membuka lebar saat berkicau. Sebaiknya pemberian ulat ini diberikan 1 atau 2 kali sehari.

Sedangkan jangkrik dan kroto dijadikan sebagai makanan pendamping untuk meningkatkan stamina pleci, membuat berkicau lebih lama. Teksur keduanya cukup lembut, sehingga membuat makanan ini mudah dimakan dan dicerna oleh pleci.

Video Terkait