Selain Dipelihara, Ini Manfaat Burung Merpati untuk Manusia dan Lingkungan

Ilustrasi burung merpati (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 25 November 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Burung merpati atau nama latinnya Columba liva adalah hewan yang temasuk dalam kelas unggas dan bertulang belakang. Burung ini dapat dengan mudah ditemukan hampir di seluruh penjuru dunia.

Di Indonesia sendiri, burung ini sangat populer dan banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Bahkan diketahui burung ini telah dipelihara sejak ribuan tahun silam. Hal ini terbukti dengan adanya gambar di museum di Negara Irak pada tahun 3000 sebelum masehi.

Tak hanya itu, burung ini juga kerap dijadikan sebagai simbol cinta dan hadir dalam acara pernikahan.

Manfaat burung merpati untuk manusia

Selain jadi hewan peliharaan dan lambang cinta, ternyata ada manfaat lain dari burung merpati untuk manusia dan lingkungan hidup. Apa saja, berikut penjelasannya:

1. Kotorannya dijadikan pupuk

Sama seperti kotoran hewan pada umumnya, kotoran burung merpati juga dapat dijadikan sebagai pupuk alami. Pupuk burung merpati bisa bermanfaat untuk menyuburkan tanaman.

Bahkan menurut banyak orang, pupuk dari kotoran burung merpati memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pupuk dari hewan lain.

2. Pengirim pesan

Sudah bukan rahasia lagi, pada zaman dahulu burung merpati dikenal sebagai pengirim pesan. Bahkan hal ini telah dilakukan di Negara Suriah dan Persia, pada abad ke-5 sebelum masehi. Hal ini dikarenakan burung merpati memiliki kecerdasan dan daya ingat yang kuat.

3. Pahlawan saat peperangan

Tahukah kamu, saat perang dunia pertama dan kedua, burung merpati pernah menjadi pahlawan dalam perang. Merpati berperan sebagai pembawa pesan hingga tiba di garis batas, serta mampu menyelamatkan banyak nyawa ketika perang berlangsung.

Baca Juga: Selain Dipelihara, Ini Manfaat Burung Merpati untuk Manusia dan Lingkungan
Ketahui Ciri-ciri Merpati yang Sehat dan Penyakit Rentan yang Dialaminya

Selain itu, burung ini juga dianggap dapat menghindari peluru dan gas beracun yang bisa sampai ke dalam rumah.

4. Dijadikan sebagai makanan

Manfaat lain dari burung merpati yaitu dijadikan sebagai makanan. Burung ini memiliki daging yang bisa dikonsumsi sebagai lauk pauk dengan citarasa enak dan gurih.

Dengan mengonsumsi daging merpati, juga turut memberi manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh. Hal ini berkat sejumlah kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Video Terkait