Fakta Busok, Satu-satunya Kucing Ras Asli Indonesia yang Diakui Dunia

Ilustrasi kucing busok (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 23 November 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Kucing sudah menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dicintai manusia. Diketahui ada banyak sekali ras kucing yang terdapat dunia. Bahkan dari setiap negara memiliki ras kucing dengan ciri khasnya masing-masing. Termasuk salah satunya negara Indonesia.

Belum lama ini, kucing busok tengah ramai diperbincangkan. Pasalnya kucing ini menjadi satu-satunya kucing ras asli Indonesia, yang telah diakui dunia oleh World Cat Federation (WFC).

Fakta menarik kucing busok yang wajib diketahui

Secara fisik, kucing busok memiliki mata hijau mencolok yang kontras dengan warna bulunya yang gelap. Lantas apa saja fakta yang dimiliki kucing ini, berikut penjelasannya.

1. Berasal dari Madura

Diketahui, kucing busok adalah kucing ras yang berasal dari Pulau Raas. Pulau ini sendiri merupakan salah satu wilayah yang ada di Madura. Di Pulau ini terdapat kucing ras bernama busok.

2. Belum diketahui asal usulnya

Asal usul kucing busok ini belum diketahui secara pasti. Pasalnya kucing ini sangat primitif, memiliki variasi genetik yang tinggi, dan kemungkinan berasal dari keturunan Korat.

Banyak yang menyakini kucing ini keturunan Asia karena ujung ekor bengkok dan pendek khas yang umum untuk ras Asia.

3. Ciri-ciri fisik

Salah satu ciri khas dari kucing busok yaitu memiliki ekor yang sangat pendek tapi bisa berdiri tegak ke atas. Selain itu, kucing busok juga dapat dikenal dari bentuk wajahnya yang persegi pada bagian atas, tapi lancip di bagian bawah.

Sekilas, kucing unik memiliki garis wajah mirip leopard, tapi dengan bentuk tubuh kucing kampung atau kucing domestik.

Sementara Warna bulu kucing Busok atau Raas ini umumnya abu-abu polos kebiruan. Bulunya juga sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan kucing kampung atau domestik lainnya.

4. Aktif dan agresif

Merangkum dari berbagai sumber, kucing busok bisa sangat energik, bahkan cenderung agresif apabila pemiliknya tidak sabar dan konsisten.

Namun sebenarnya kucing ini juga bisa menjadi pemurung dan jika dilatih bisa menjadi kucing yang setia, menyenangkan, dan menghibur.

Baca Juga: Fakta Busok, Satu-satunya Kucing Ras Asli Indonesia yang Diakui Dunia
Gak Perlu Bawa ke Dokter, Begini Langkah Mudah Membersihkan Telinga Kucing

5. Memiliki indera keenam

Masyarakat di tempat asalnya yaitu Pulau Raas menyebutkan bahwa kucing ini memiliki indera keenam. Bahkan kucing ini memiliki keistimewaan sendiri dan hanya bisa dipelihara oleh orang-orang tertentu, termasuk pejabat publik dan tokoh masyarakat.

6. Harga

Semenjak nama kucing busok sudah diakui secara internasional, popularitas kucing ini semakin naik daun. Hal ini membuat harganya pun menjadi sangat mahal. Untuk satu ekor kucing busok bisa dihargai sekitar Rp2-3 juta.

Video Terkait