Fakta Burung Kiwi yang Jadi Ikon Selandia Baru

Ilustrasi Burung Kiwi (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 25 November 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Siapa yang pernah melihat burung kiwi? burung kecil satu ini merupakan hewan endemik yang berasal dari Selandia Baru. Selain tubuhnya yang kecil, burung kiwi dikenal memiliki karakteristik yang unik.

Hal ini ditunjukan karena burung kiwi lebih mirip mamalia dibandingkan golongan unggas lainnya. Nah, sebenarnya ada banyak fakta unik lainnya yang ada pada burung kiwi yang sayang untuk dilewatkan.

Fakta-fakta tentang burung yang jadi ikon Selandia Baru:

1. Bulunya tebal sebagai perlindungan diri

Bulu burung kiwi telah berevolusi menyesuaikan dengan hidupnya yang di tanah, sehingga tampilan kiwi penuh dengan bulu tebal di sekujur tubuhnya.

Bulu tebal ini bisa membantu burung kiwi kecil menyamar untuk menghindari predator terbang dengan menyerupai semak belukar.

2. Punya ingatan tajam dan susah ditipu

Burung kiwi punya ingatan tajam, dan mampu mengingat kejadian buruk yang menimpanya setidaknya selama lima tahun. Burung ini mungkin bisa ditipu dengan rekaman panggilan suara kiwi sekali saja, kemudian selanjutnya mereka akan curiga pada pola suara tersebut hingga menyadari tipuan itu.

3. Hanya berpasangan satu kali seumur hidup

Burung kiwi merupakan sedikit dari spesies yang berpasangan hanya satu kali seumur hidupnya, alias monogami. Selama musim kawin, jantan dan betina akan aktif saling memanggil di malam hari.

Mereka bertemu di sarang yang dibuat bersama setiap tiga hari sekali. Hubungan jantan-betina burung kiwi terlama yang dicatat adalah 20 tahun, hingga salah satunya mati.

4. Burung tanpa sayap karena kondisi alam

Meski termasuk kedalam golongan burung, faktanya burung kiwi tidak bisa terbang. Meski begitu, tidak adanya sayap pada burung kiwi bukannya tanpa sebab.

Sebelum manusia menginjakkan kakinya di Selandia Baru ribuan tahun lalu, memang tidak ada predator darat yang mengancam populasi kiwi, sehingga burung ini tidak mengembangkan sayap dan relatif aman mencari makan dan bersarang di atas tanah.

5. Punya indra penciuman yang tajam

Indra penciuman yang tajam merupakan atribut yang jarang dimiliki seekor burung, tapi kiwi telah mengembangkan indra penciumannya dengan baik. Mereka adalah satu-satunya burung dengan lubang hidung pada ujung paruhnya, sehingga dengan kemampuan itu membuat mereka bisa mencium mangsa di bawah tanah.

6. Punya metode pertahanan diri

Meski kiwi adalah hewan nokturnal atau aktif di malam hari, mereka tidak pemalu. Burung ini sangat waspada dengan wilayahnya, dan mereka punya cakar tajam yang bisa membahayakan lawannya.

Menurut peneliti burung kiwi Dr. John McLennan, salah satu kiwi di North Westland, Selandia Baru, yang ditelitinya dan diberi nama Pete terkenal karena kebiasaan menyerang lalu kabur. Burung itu mencabik kaki lalu sembunyi di antara semak belukar.

Baca Juga: Fakta Burung Kiwi yang Jadi Ikon Selandia Baru
Jenis-jenis Pakan yang Membuat Burung Kutilang Rajin Berkicau

7. Ukuran telur sangat besar berdasar proporsi tubuh

Kiwi betina menghasilkan telur terbesar berkaitan dengan ukuran tubuhnya bila dibandingkan burung lainnya di dunia. Telur burung kiwi berukuran 20 persen dari ukuran tubuh induknya, dan bobotnya bisa mencapai 0,5 kg.

Sebagai perbandingan, bayi manusia hanya berukuran 5 persen dari tubuh ibunya. Sebagai imbas dari besarnya ukuran telur, telur burung kiwi banyak mengandung kuning telur, sehingga memungkinkan bayi kiwi ketika menetas langsung punya banyak bulu, sehat, dan ukurannya besar.

Video Terkait