Parotia Arfak, Burung Ballerina yang Miliki Suara Merdu

Ilustrasi Parotia Arfak (Flickr)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 17 November 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Ada beberapa jenis burung yang dikarunia dengan suara kicauan yang merdu. Kicauan bak penyanyi ini tidak hanya digunakan untuk mereka saling berkomunikasi, melainkan untuk mencari pasangan.

Burung yang dimaksud kali ini adalah burung parotia. Tidak hanya kicauannya, burung endemik Papua ini juga bisa menari seperti ballerina.

Sebagai informasi, di dunia ada enam spesies burung parotia. Namun, jenis yang menghuni Papua adalah Parotia sefilata. Ia dikenal juga dengan nama parotia barat atau parotia arfak.

Jika kamu ingin melihatnya, kamu bisa menemukannya di hutan pegunungan Vogelkop dan semenanjung Wandamen di Provinsi Papua Barat.

Pada dasarnya parotia arfak masih satu keluarga dengan burung cendrawasih dengan tubuh dan ekor berukuran panjang sekitar 33 sentimeter. Di alam liar, parotia bertahan hidup dengan memakan buah-buahan terutama jenis buah ara.

Untuk membedakan mana yang jantan dan betina, kamu bisa melihat bulu hitam dengan perisai dada berwarna hijau keemasan untuk yang jantan. Ditambah lagi pejantan memiliki bulu berwarna perak segitiga pada bagian mahkotanya.

Ciri unik lain yaitu keberadaan enam buah jambul-bulu yang tampak sepasang di bagian atas belakang masing-masing mata. Sekilas, jambul bulu tersebut seperti kawat yang ujungnya berbentuk oval.

Nah, jika ketemu parotia cokelat polos, bisa dipastikan itu betina.

Penari yang Cantik

Seperti yang dikatakan di atas, burung parotia arfak pandai menari balet. Tapi, kemampuan ini hanya dimiliki burung jantan. Keahlian yang dimilikinya ini tidak lain hanya untuk menarik perhatian parotia betina.

Baca Juga: Parotia Arfak, Burung Ballerina yang Miliki Suara Merdu
Jenis-jenis Pakan yang Membuat Burung Kutilang Rajin Berkicau

Melansir National Geographic, parotia jantan akan melakukan tarian mirip balerina untuk menarik perhatian betina. Sebelum melakukannya, mereka akan membersihkan tempat dimana ia akan beraksi.

Asal kamu tahu, waktu yang biasanya mereka gunakan untuk mencari pasangan adalah pagi atau sore hari. Biar makin gagah, mereka juga akan mengembangkan bulu-bulunya di sekeliling tubuh hingga menyerupai rok, dan meloncat-loncat serta menggerakan kepala mereka.