Mengenal Tarantula yang Cantik Usai Ganti Kulit

Mengenal Tarantula yang Cantik Usai Ganti Kulit. (Sariagri/Iwan K)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 15 November 2022 | 18:45 WIB

Siapa tak tahu tentang tarantula, laba-laba raksasa beracun yang berambut tebal dan ukuran panjangnya bisa mencapai lebih dari 20 sentimeter.  Berdasarkan sejumlah penelitian, ada sekitar 800 spesies tarantula di dunia.

Namun, berbagai jenis tarantula yang ditakuti itu ternyata dipelihara bahkan dikembangbiakkan dari sebuah rumah yang terletak di kawasan Jalan Laksamana Malahayati, Kelurahan Pesawahan, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung.

Di kamarnya yang ada di lantai 3, Aldo Tan, pria 33 tahun itu mengoleksi lebih dari 20 spesies tarantula dari berbagai negara. Untuk tempat memelihara tarantula, Aldo memakai kotak kayu dan plastik atau akuarium, yang tersusun rapi di kamarnya.

Alasan Aldo mengoleksi tarantula sejak 2011 lalu itu sederhana. Karena menurutnya banyak yang bisa dipelajari dari karnivora bernama latin theraphosidae itu.

“Seperti pola hidupnya. Saya baru tahu kalau tarantula itu bisa ganti kulit dan setelah ganti kulit dia jadi lebih cantik. Keunikan-keunikan tarantula lainnya juga membuat saya tertarik memeliharanya,” ungkap Aldo lagi.

Baca Juga: Mengenal Tarantula yang Cantik Usai Ganti Kulit
Mengkhawatirkan, Ribuan Spesies Laba-laba Diperdagangkan di Pasar Gelap

Tarantula asal Amerika, Meksiko, dan negara lain serta Indonesia itu, oleh Aldo semuanya diberi makan jangkrik. Maka itu menurutnya, memelihara dan mengembangbiakkan tarantula cukup mudah, asalkan telaten dan tentu saja punya keberanian.

Menurut Aldo juga, saat ini sudah banyak kolektor tarantula di Indonesia. Ia kerap mengikuti kontes-kontes yang diadakan di sejumlah provinsi. Para kolektor juga biasanya saling bertukar koleksi, sehingga mereka bisa mempelajari jenis-jenis yang lain.