Di Balik Tingkahnya yang Menggemaskan, Ini Sederet Fakta Menarik Hamster

Ilustrasi hamster (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 2 November 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Ada banyak sekali hewan peliharaan yang dipelihara, mulai dari kucing, anjing, kelinci sampai hamster. Hamster sendiri sebenarnya adalah hewan yang berukuran mungil.

Meski begitu, hewan yang satu ini dikenal sangat aktif dan tidak bisa diam. Ditambah lagi mukanya sangat menggemaskan, sehingga banyak yang tertartik untuk memeliharanya.

Namun, ketika sudah memutuskan untuk memelihara hamster, sebaiknya Sobat Agri sudah memahami karakteristik apa saja yang dimiliki hewan mungil ini. Tujuannya tak lain agar lebih mengenal hamster sehingga saat dipelihara ia dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Berikut adalah sejumlah fakta soal hamster yang wajib diketahui.

Fakta menarik tentang hamster

1. Menyukai kebersihan

Tahukah kamu, hamster adalah hewan yang suka akan kebersihan. Bahkan hewan mungil ini diketahui gemar mandi. Namun, jangan samakan cara mandi hamster dengan manusia. Pasalnya hamster melakukan mandi dengan cara yang unik dan berbeda.

Hewan ini melakukan mandi dengan cara berguling-guling di atas pasir yang bersih. Hal ini dilakukan hamster untuk menghilangkan gatal-gatal, kutu dan minyak, serta parasit yang menempel pada kulit dan bulunya. Ketika sudah selesai berguling-guling, hamster pun akan menggoyang-goyangkan tubuhnya agar semua pasir yang menempel jatuh.

2. Bisa memakan anaknya sendiri

Ada hal yang tidak biasa dilakukan hamster, sebab hewan ini ternyata bisa memakan anaknya yang baru lahir. Hal ini dikarenakan hamster betina sangatlah sensitif saat masa kelahiran, sehingga ketika merasa berbahaya, ia akan memakan anaknya sendiri.

Alasan lain mengapa hal ini bisa terjadi bisa dikarenakan ukuran kandang yang terlalu kecil, jumlah bayi yang terlalu banyak, dan bau manusia.

3. Termasuk hewan omnivora

Sekilas hewan yang satu ini tampak seperti tikus. Hal ini bukan hal yang aneh sebab hamster memang termasuk keluarga tikus. Seperti yang diketahui tikus adalah hewan omnivora, yaitu pemakan semua jenis makanan. Begitu pula dengan hamster. Ia bisa memakan jenis pakanan apa saja, mulai dari biji-bijian, tumbuhan hingga serangga.

4. Memiliki pendengaran yang tajam

Sama seperti anjing, hamster adalah hewan yang memiliki pendengaran sangat tajam. Diketahui, hamster bisa mendengar suara dalam jangkauan ultrasonik.

5. Memiliki pipi yang gembul berisi makanan

Salah satu hal yang membuat hamster terlihat menggemaskan yaitu memiliki pipi yang sangat gembul. Alasannya karena pipi hamster memiliki kantong yang cukup elastis.

Baca Juga: Di Balik Tingkahnya yang Menggemaskan, Ini Sederet Fakta Menarik Hamster
Gara-gara Hal Ini, Selandia Baru Larang Keras Ekspor Hewan Hidup

Hal ini dimanfaatkannya untuk menyimpan makanan sebelum dipindahkan ke tempat yang aman di sarangnya. Diketahui, hewan ini mampu menyimpan makanan seberat 20% dari berat badannya.

6. Hewan yang buta warna

Mungkin belum banyak yang mengetahui, jika hamster adalah salah satu hewan yang buta warna. Selama hidupnya hewan ini hanya dapat melihat dua warna yaitu hitam dan putih. Selain itu hamster juga tidak bisa melihat objek yang jaraknya lebih dari 6 inci di depan mereka.