Cegah Penularan Flu Burung, Inggris Wajibkan Unggas Dikandangkan

Ilustrasi - Peternakan ayam.(Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 1 November 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Mulai 7 November 2022, seluruh unggas dan burung penangkaran di Inggris harus dikandangkan. Hal tersebut dilakukan dalam upaya menahan wabah flu burung yang menghancurkan peternakan.

"Kami sekarang menghadapi, tahun ini, wabah flu burung terbesar yang pernah ada dan melihat peningkatan pesat dalam jumlah kasus di peternakan komersial dan di halaman belakang burung di seluruh Inggris," kata kepala petugas dokter hewan Inggris Christine Middlemiss dalam sebuah pernyataan.

“Risiko unggas yang dipelihara terkena penyakit mencapai titik di mana sekarang semua unggas harus dikandangkan sampai pemberitahuan lebih lanjut,” katanya.

Mengutip AFP, mulai 7 November, kebijakan tersebut akan memperpanjang pembatasan yang telah ada di Inggris timur, yang mencakup Suffolk, Norfolk, dan sebagian Essex. Flu burung yang merebak di benua Eropa memaksa pembatasan pergerakan unggas.

Jutaan burung liar mati oleh wabah flu burung saat ini. Selain itu jutaan unggas dimusnahkan oleh pihak berwenang di seluruh Eropa untuk membatasi penyebaran virus flu burung. 

Untuk saat ini kebijakan kurungan hanya berlaku di Inggris. Bagian lain dari Inggris Raya yaitu Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara, menetapkan kebijakan kesehatan mereka sendiri. 

“Keputusan ini tidak dianggap enteng, tetapi merupakan cara terbaik untuk melindungi burung dari penyakit yang sangat menular ini,” kata Middlemiss.

Baca Juga: Cegah Penularan Flu Burung, Inggris Wajibkan Unggas Dikandangkan
Kembali Merebak, Puluhan Juta Unggas di AS Terinfeksi Flu Burung

Pemerintah Inggris mengonfirmasi 200 kasus flu burung selama 12 bulan terakhir. Pada Jumat 29 Oktober 2022, pemerintah mengumumkan lebih banyak kompensasi untuk peternak dan produsen unggas yang terkena dampak.

Tetapi para ahli kesehatan mengatakan bahwa flu burung menimbulkan risiko yang sangat rendah bagi manusia. Menekankan bahwa unggas dan produk yang dimasak dengan benar, seperti telur, aman untuk dimakan.