Imut Banget, Ini Hewan yang Memiliki Tubuh Sangat Kecil

Ilustrasi Fennec Fox (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 1 November 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Melihat hewan dalam ukuran normal mungkin sangat mudah ditemui di dalam kehidupan sehari-hari. Namun, faktanya di dunia ini ada juga satwa yang mempunyai ukuran dibawah rata-rata normal, alias ukuran yang sangat kecil. Bahkan, hanya sebesar kuku manusia.

Penasaran dengan jenis hewan kecil imut, ada apa saja?

1. Barbados Threadsnake

Ular berukuran hampir sama dengan spageti dengan panjang kurang lebih 10 cm ini merupakan ular endemic di pulau Barbados di Karibia Selatan.

Reptile terkecil yang mempunyai nama latin Tetracheilostoma Carlae ini adalah hewan carnifora yang memangsa serangga kecil. Meskipun bertubuh mungil, ular Barbados ini ternyta termasuk dalam salah satu daftar ular berbisa lho.

2. Pygmy Marmoset

Monyet terkecil didunia ini memiliiki ukuran hanya 12 hingga 15cm dengan panjang ekor 17 sampai 23 cm dan berat badan kurang lebih 3 ons sampai 5 ons.

Hewan dengan nama latin Cebuella Pygmae ini merupakan mamalia endemic hutan Amazon. Hewan yang hidup dipohon ini memakan getah pohon karet karenanya disebut juga hewan Gummivora. Akan tetapi monyet kecil ini ternyata juga menyukai buah dan nectar.

3. Fennec Fox

Rubah mungil dengan berat sekitar 1kg dan tinggi sekitar 20cm ini tinggal di gurun yang ada di Afrika Utara, Sinai, dan Arab Saudi.

Hewan noktunal ini memiliki warna bulu yang cerah dan lembut. Fenenec fox memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Layaknya binatang gurun lainnya fennec fox dapat bertahan hidup tanpa air dalam waktu yang cukup lama.

4. Jerboa

hewan pengerat Satu ini berkuping panjang dan memiliki kemampuan melompat serta berlari sangat bagus. Ukurannya yang hanya sekitar 7 hingga 9cm ini merupakan hewan omnivora dan dapat hidup tanpa meminum air.

Jerboa dapat ditemui di gurun yang berada di Asia dan Afrika Utara ini sangat unik karena memiripan dengan kanguru, kelinci dan tikus.

Baca Juga: Imut Banget, Ini Hewan yang Memiliki Tubuh Sangat Kecil
Dramatis! Ular Sanca Besar Nyaris Terkam Petugas saat Evakuasi

5. Monte Iberia Eleuth

Spesies katak yang besarnya hanya seukuran kuku manusia ini atau kurang dari 1cm merupkana hewan asli Kuba. Katak terkecil yang dikenal juga dengan sebutan Eleutherodactylus Iberia ini adalah pemakan serangga. Katak hitam kecil ini memiliki motif garis-garis kuning terang pada tubuhnya.

6. Burung Hantu Kerdil Utara

Burung hantu kerdil utara memiliki ukuran tubuh yang sangat mungil dengan berat 2,2 sampai 2,5 ons dan ukuran badan yang kurang dari 16cm. burung hantu mungil ini berasal dari Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko.