Cara Memilih Kelinci Rex yang Bagus untuk Dipelihara

Ilustrasi kelinci rex (Istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Sabtu, 29 Oktober 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih. Jenis kelinci sendiri sangat beragam. Namun ada salah satu jenis yang banyak dicari, yaitu adalah kelinci rex.

Kelinci rex memiliki bulu yang bagus dan sangat menggemaskan. Apalagi tingkah lakunya yang lucu dan menyenangkan, membuat siapapun senang melihatnya.

Di Indonesia, kelinci rex banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan dan kelinci pedaging. Hal ini karena kelinci ini memiliki postur tubuh yang besar sehingga daging yang dihasilkan pun akan banyak.

Jika Sobat Agri tertarik untuk memeliharanya, berikut ini adalah ciri-ciri kelinci rex sehat yang harus diketahui.

Ciri-ciri kelinci rex yang sehat dan bagus

Kelinci rex yang sehat bisa dilihat dari beberapa aspek, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Bentuk Tubuh

Untuk mendapatkan kelinci rex yang sehat, umumnya dilihat dari bentuk tubuh. Ideal, kelinci rex yang bagus memiliki tubuh yang proporsional. Hal ini bisa dilihat dari bentuk pinggul harus terlihat bulat dan padat, lebar bahu yang seimbang, panjang badan normal, kokoh dan berotot.

Bentuk kepala, telinga, kaki, dan ekornya juga harus diperhatikan. Semuanya itu harus seimbang dengan ukuran tubuhnya. Pastikan juga saat meraba bagian punggung sampai ekor kelinci rex, tidak terasa tulang-tulang yang menonjol.

2. Kepala dan Telinga

Kelinci rex yang ideal juga dapat dilihat dari bentuk kepala dan telinganya. Ciri kelinci rex yang bagus untuk yang jantan memiliki kepala yang lebih lebar dibandingkan dengan rex betina. Bentuk kepalanya dekat dengan bahu sehingga terlihat seperti tidak mempunyai leher.

Ukuran telinganya juga harus proporsional, yang bisa dilihat dengan tidak terlalu lebar dan tidak terlalu tebal. Lihat juga kondisi telinganya yang harus seimbang dengan ukuran kepala dan tubuhnya.

3. Mata dan Ekor

Ciri kelinci rex yang bagus lainnya bisa dilihat dari mata dan ekornya. Pilihlah kelinci rex yang memiliki mata berisi, tebal, cerah, serta memiliki warna yang serasi dengan bulunya.

Sementara pada bagian ekornya idealnya berbentuk lurus dan melipat ke atas ke bagian punggung. Ukuran panjang ekor juga harus proporsional, sesuai dengan ukuran tubuhnya.

4. Kaki dan Kuku Kelinci

Hal lain yang tak boleh luput dari perhatian yaitu kaki dan kuku. Kaki kelinci rex yang ideal sebaiknya tidak terlalu panjang dan kaki depannya lebih pendek. Selain itu kaki juga memiliki tulang medium dan juga lurus.

Baca Juga: Cara Memilih Kelinci Rex yang Bagus untuk Dipelihara
Mengenal Jenis-jenis Kelinci Rex Asal Perancis yang Banyak Dibudidayakan

Lihat juga warna pada kukunya. Umumnya kuku kelinci memiliki warna beragam sesuai warna kelinci itu sendiri. Untuk kelinci putih biasanya memiliki kuku berwarna putih atau pink. Sementara rex yang berwarna coklat, hitam, merah, kukunya berwarna gelap.

5. Bulu Rex

Ciri kelinci rex bagus lainnya dapat dilihat dari bulu yang dimilikinya. Kelinci rex sehat memiliki bulu yang tidak kusam, tidak keriting, teksturnya halus, dan memiliki pola warna yang sempurna.