Manfaat Sorgum sebagai Pakan Ternak, Mampu Tingkatkan Bobot pada Sapi

Ilustrasi sorgum (Pixabay)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 19 Oktober 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Pemberian pakan pada hewan ternak menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan usaha ternak. Tak terkecuali dengan hewan ternak seperti sapi. Pemberian pakan yang tepat akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan sapi.

Bahkan pada proses penggemukan, atau memaksimalkan dan menjaga kualitas dari hasil hewan ternak tersebut.

Ada banyak jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai sumber pakan utama bagi hewan ternak. Misalnya yaitu rumput gajah, rumput benggala, rumput raja dan rumput meksiko.

Namun tahukah kamu, selain jenis rumput tersebut, ternyata ada juga jenis tanaman lain yang dimanfaatkan menjadi pakan untuk sapi, salah satunya sorgum.

Tanaman yang sangat dikenal dalam dunia pangan ini faktanya memberi memberi banyak manfaat bagi sapi. Bahkan seluruh bagian tanaman sorgum ini mulai dari biji, batang, hingga daunnya bisa diberikan untuk sapi.

Tanaman sorgum dianggap mengandung nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan jenis rumput gajah, rumput taiwan, dan jerami padi. Apalagi tanaman yang satu ini tergolong sangat mudah didapatkan di Indonesia. Hal ini membuat biaya untuk pakan ternak menjadi lebih hemat sekitar Rp2.000–Rp3.650/hari.

Di dalam sorgum terkandung protein kasar sebesar 10–12%. Kadar protein tersebut mendekati nilai kebutuhan protein kasar penggemukan sapi sekitar 13%.

Oleh sebab itu, tanaman pangan ini banyak digunakan untuk menambah bobot sapi jantan sebesar 1,2 hingga 1,6 kg per hari. Tentu saja ini memberi dampak baik bagi para peternak sehingga dapat meraup keuntungan besar.

Selain meningkatkan bobot, sorgum disebut-sebut memiliki aroma yang wangi dan rasa yang lebih manis ketimbang rumput. Hal ini mampu meningkatkan nafsu makan pada ternak sapi.

Tak hanya itu, sorgum juga mampu menjadi substitusi jagung yang saat ini cukup sulit didapatkan para peternak. Kandungan gizi dari sorgum ini ternyata menyerupai sustitusi jagung yang dibutuhkan sapi.

Baca Juga: Manfaat Sorgum sebagai Pakan Ternak, Mampu Tingkatkan Bobot pada Sapi
Cegah Penyakit Pernapasan Sapi dengan Vaksinasi

Namun, perlu diperhatikan bagi peternak, sebelum sorgum diberikan untuk sapi sebaiknya tanaman ini dipotong-potong terlebih dahulu. Ukuran yang pas yaitu berkisar 2–4 cm guna memudahkan sapi untuk mencernanya.

Selain dapat diberikan secara langsung, sorgum juga bisa diberikan dalam bentuk berupa silase. Silase ini merupakan sorgum yang sudah diawetkan. Untuk mengawetkannya juga tidaklah sulit. Kamu cukup memotong sorgum sepanjang 2–4 cm, lalu masukkan ke wadah kedap udara dan difermentasikan secara alami.