Waspada! Selain Anjing, Gigitan 3 Hewan Ini Juga Bisa Sebabkan Rabies

Hewan malam kelelawar. (Piqsels)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Jumat, 9 Desember 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Hewan-hewan yang tidak mendapatkan perawatan dengan benar dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, terlebih hewan liar. Salah satu jenis penyakit berbahaya yang ditularkan oleh hewan adalah virus rabies. Bagaimana tidak, dari banyaknya kasus yang terjadi, beberapa orang yang terinfeksi bisa sampai kehilangan nyawa.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa anak di bawah 15 tahun memiliki risiko terkena rabies lebih besar dan lebih mungkin terinfeksi virus rabies.

Sebenarnya, seseorang yang terinfeksi rabies banyak yang tertular dari gigitan anjing. Akan tetapi, selain anjing masih ada beberapa hewan lainnya yang juga membawa virus rabies, seperti:

1. Kelelawar

Pada kelelawar, umumnya penularan ini terjadi di habitat yang memang dipenuhi dengan populasi kelelawar cukup tinggi seperti kawasan hutan dengan goa dan pantai. Sama seperti anjing, kelelawar menularkan virusnya lewat gigitan.

Baca Juga: Waspada! Selain Anjing, Gigitan 3 Hewan Ini Juga Bisa Sebabkan Rabies
5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

2. Kucing

Kucing ternyata juga berpotensi menularkan virus rabies. Saat sudah terkena rabies, kucing biasanya menjadi tak nafsu makan. Bukan hanya itu, mereka akan lebih agresif terhadap sesuatu, lebih sering mencakar serta bisa sampai mengalami kelumpuhan.

3. Sapi

Berhati-hatilah dengan hewan ternak yang satu ini, karena sapi juga berpotensi untuk menularkan virus rabies. Sapi yang terinfeksi virus rabies adalah saat mereka mengeluarkan busa lewat mulut.