Sempat Dilarang, Keran Ekspor Domba Inggris ke AS Akhirnya Kembali Dibuka

Ilustrasi domba. (pixabay)

Editor: Dera - Senin, 10 Oktober 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Setelah terhenti selama lebih 20 tahun, domba asal Inggris akhirnya diperbolehkan di ekspor ke pasar Amerika Serikat. Ekspor perdana domba Inggris ke AS dicapai melalui kesepakatan bernilai £37 juta untuk lima tahun ke depan.

Pengiriman pertama domba Inggris ke AS telah dilakukan dalam minggu ini, berisi  domba yang diproduksi oleh prosesor Dunbia dari peternakan di Carmarthenshire.

Melansir Farminguk.com, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) setuju untuk membuka pasar untuk domba Inggris setelah inspeksi. Larangan ekspor domba Inggris ke AS telah diberlakukan sejak 1989 karena kekhawatiran seputar BSE, yang umumnya dikenal sebagai 'penyakit sapi gila'.

Aturan ruminansia kecil yang melarang produk tersebut dicabut oleh pemerintah AS pada Januari tahun ini. Industri memperkirakan bahwa pasar AS akan bernilai £37 juta dalam lima tahun pertama perdagangan, membuka akses bagi petani ke pasar dengan lebih dari 300 juta konsumen.

Menurut industri domba Inggris, Inggris adalah pengekspor daging domba terbesar ketiga secara global, tetapi konsumsi daging Amerika saat ini 'sangat rendah'. Namun, kesepakatan baru ini dapat membantu merangsang minat pada domba dan kambing asal Inggris.

"Sebagai pengolah domba terbesar di Inggris, sangat penting bagi kami untuk terus memiliki akses ke pasar internasional yang baru dan berkembang, dan kami menyambut amandemen aturan ruminansia kecil. Kami terus bekerja sama dengan AHDB untuk mengidentifikasi dan mengembangkan peluang pasar baru untuk produk Inggris berkualitas kami," ujar Andrew Smyth, Direktur Komersial di Dunbia.

"Peluang pertumbuhan pangan Inggris 'sangat besar'. Menikmati domba panggang untuk makan siang hari Minggu pada dasarnya adalah ala Inggris dan sekarang jutaan keluarga Amerika sekarang dapat menikmati domba berkualitas tinggi kami juga," ujar Sekretaris Defra yang baru, Ranil Jayawardena.

“Dengan misi kami untuk membuka pertumbuhan, kami akan terus mengamankan lebih banyak peluang bagi petani dan produsen makanan kami untuk mendapatkan keuntungan dari pasar baru," tambahnya.

Baca Juga: Sempat Dilarang, Keran Ekspor Domba Inggris ke AS Akhirnya Kembali Dibuka
Gara-gara Hal Ini, Selandia Baru Larang Keras Ekspor Hewan Hidup



Ekspor perdana ini mengikuti serangkaian keberhasilan ekspor dalam dua tahun terakhir termasuk ekspor daging sapi pertama ke AS dalam beberapa dekade dan ekspor pertama daging babi Inggris ke Chili.

Direktur Pengembangan Pasar Internasional AHDB Dr Phil Hadley mengatakan keberhasilan ekspor ini mengikuti negosiasi bertahun-tahun oleh industri pertanian dan pemerintah.

"Kami berharap pesanan ini akan menjadi yang pertama dari banyak, memungkinkan jutaan konsumen AS untuk menikmati domba kami yang terkenal di dunia, sambil membawa dorongan besar bagi produsen dan eksportir domba Inggris," jelasnya.