Mengenal Ciri-ciri Burung Poksay yang Unggul untuk Dipinang

Ilustrasi burung poksay (Flickr)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Para pecinta burung tentu sangat familiar dengan burung poksay. Burung kicau yang satu ini memiliki banyak penggemarnya. Hal ini karena irama kicauan poksay sangat merdu dan juga bisa menari. Ini menjadi karakter khas yang dimiliki burung poksay jenis abu-abu.

Umumnya, untuk mendapatkan anakan poksay yang berkualitas, para pemelihara akan meminangnya dengan jenis poksay yang lain. Namun, sebaiknya pilihlah poksay yang unggul untuk kemudian dipinangkan. Sobat Agri bisa memilik jenis poksay yang dapat disesuaikan dengan tujuan memelihara.

Ciri-ciri burung poksay unggulan

Adapun burung poksay unggulan, dapat diketahui dari beberapa ciri-ciri berikut ini, yaitu:

1. Memiliki tubuh yang besar

Dalam dunia burung, poksay yang memiliki tubuh besar merupakan jenis poksay super. Hal ini dapat dilihat dari ukuran tubuhnya yang relatif lebih besar dibanding poksay lainnya.

2. Memiliki kerongkongan panjang dan besar

Ciri lainnya dapat dikenalindari ukuran kerongkongan. Burung poksay yang punya kerongkongan panjang dan besar terbukti memiliki lebih suara merdu, bening, nyaring, dan bervolume besar.

3. Memiliki gerakan yang lincah

Dalam habitat aslinya, burung poksay adalah burung yang lincah. Namun sering kali hal ini menyulitkan penggemar dalam menjinakkannya.

Oleh karena itu, sang pemiliki harus memiliki tenaga esktra dan kesabaran untuk melatih poksay menjadi jinak. Namun ada juga poksay yang tidak terlalu lincah, sehingga memudahkan pemilik untuk cepat akrab dan menjinakkannya.

4. Memiliki tubuh sehat dan tidak cacat

Poksay berkualitas unggul tentu memiliki tubuh yang sehat. Hal ini ditandai dengan ciri-ciri matanya yang bersinar, tidak lemas atau lesu, memiliki nafsu makan, bulu-bulunya mengilat, serta sayapnya tampak kuat.

Selain itu poksay unggulan memiliki bentuk tubuh yang sempurna yaitu memiliki bentuk kaki yang bagus serta kokoh tanpa ada cacat. Ciri poksay sehat lainnya juga dapat dikenalo dari bulu-bulunya lengkap dan melekat kuat sehingga tidak mudah rontok.

Baca Juga: Mengenal Ciri-ciri Burung Poksay yang Unggul untuk Dipinang
Manfaat Memandikan Burung Pleci di Malam Hari Berserta Caranya

Sebaliknya, jika kondisi bulu burung mudah rontok dengan sekali sentuh, maka bisa dipastikan poksay ini bukan poksay gang sehat atay sedang dalam kondisi sakit.

5. Memiliki silsilah poksay unggul

Salah satu ciri untuk mengetahui poksay unggulan dengan melihat silsilah keturunan poksay. Hal ini memang sangat sulit, mengingat bakalan poksay yang dijual di pasar biasanya bukan hasil penangkaran, melainkan hasil tangkapan.

Namun poksay yang memiliki silsilah unggul, kemungkinan besar keturunannya pun juga akan memiliki kualitas unggul.

Video Terkait