Jenis-jenis Pakan yang Membuat Burung Kutilang Rajin Berkicau

Ilustrasi burung kutilang (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Reza P - Kamis, 29 September 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Pada dasarnya memelihara burung kutilang termasuk mudah dilakukan. Selain tidak sulit dijinakkan, burung kutilang juga terkenal cerdas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga tidak gampang stres.

Dalam memelihara burung kutilang, pemberian pakan menjadi salah satu yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya asupan dari pakan yang masukk, berperan kuat dalam pertumbuhan dan kesehatan burung.

Pada dasarnya setiap burung memiliki jenis pakan yang berbeda-beda. Karakteristik pakan dan burung peliharaan pun wajib diketahui guna memberikan pakan yang cocok dan digemari. Pemberian pakan yang tepat mampu menjaganya tetap aktif, serta rajin berkicau, sehingga kualitas burung tetap terjaga.

Jenis pakan burung kutilang

Setidaknya ada tiga jenis pakan yang bisa diberikan untuk burung kutilang, yaitu:

1. Serangga

Serangga adalah jenis pakan yang paling digemakri burung kutilang. Beberapa jenis serangga tersebut antara lain jangkrik, belalang, ulat, serta kupu-kupu. Asupan gizi yang terkandung serangga membantu burung kutilang menjadi gacor.

2. Buah-buahan

Perlu diketahui, hindari buah bertekstur keras, sebab kutilang tidak menyukainya. Pilihlah buah yang memiliki tekstur lembut, seperti pisang dan pepaya.

3. Pakan pabrik

Namun jangan khawatir, jika Sobat Agri kesulitah untuk mendapatkan dua jenis pakan sebelumnya, kamu juga bisa memberikannya pakan buatan pabrik. Pemberikan pakan ini juga menjadi solusi untuk mengatasi rasa bosan terhadap pakan yang diberikan.

Cara memberikan pakan

Meskipun sama-sama jenis burung kutilang, namun perbedaan umur dan ukuran badan bisa mempengaruhi kuantitas pemberian pakan itu sendiri. Kedua faktor ini menjadi alasan burung ini harus mendapatkan perlakuan yang berbeda pula.

Baca Juga: Jenis-jenis Pakan yang Membuat Burung Kutilang Rajin Berkicau
Jangan Salah! Ini 5 Jenis Pakan Burung Emprit Agar Bunyinya Gacor

Biasanya, untuk anakan, pakan diberikan langsung oleh indukan dengan cara meloloh. Namun hal ini tidak berlaku jika terdapat kendala atau kondisi yang tidak mendukung. Mau tidak mau, Sobat Agri harus memberikan pakan sendiri untuk anakan.

Caranya yaitu dengan memilih makanan lembut atau menggunakan voer yang dicampur dengan air. Setelah itu gunakan sedotan atau media lain untuk meloloh pakan.

Video Terkait