Peringatan Hari Rabies Sedunia, Ratusan Hewan Peliharaan Divaksin

Ilustrasi vaksin rabies. (Sudin Kominfotik Jaksel)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 28 September 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Ada yang berbeda dalam peringatan Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada hari ini di Kota Bogor Rabu (28/9/2022) pagi. Ratusan hewan peliharaan bersama pemiliknya mengepung kantor Kecamatan Bogor Timur yang berlokasi di Jalan Raya Pajajaran itu. 

Aneka hewan seperti kucing, anjing hingga musang memadati ruangan basement di Kantor Kecamatan Bogor Timur. Imbasnya, ruangan basement Kantor Kecamatan Bogor Timur mendadak riuh dengan suara-suara binatang tersebut. 

Namun, kedatangan ratusan hewan ini bukan karena mereka lepas atau kabur. Melainkan, para hewan tersebut datang didampingi masing-masing pemiliknya. 

Adapun, kegiatan ini  bertujuan untuk mengikuti kegiatan vaksinasi rabies dan konsultasi kesehatan hewan secara gratis yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor. 

"Jadi, hari ini kita melaksanakan vaksin rabies gratis untuk seluruh masyarakat Kota Bogor yang memiliki hewan peliharaan, bekerjasama dengan Kantor Kecamatan Bogor Timur," ungkap drh Anizar, Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor.

"Yang di vaksin itu hewan terancam tertular rabies seperti anjing, kucing, monyet dan musang," tambah Anizar.

Menurutnya, sejak pendaftaran dibuka secara online, kurang lebih ada 200 orang yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan vaksin rabies ini. Namun, pendaftaran tidak hanya dibuka secara online, pihaknya juga melayani pendaftaran yang dilakukan secara offline di lokasi kegiatan.

"Untuk yang daftar online hingga saat ini sudah ada 200 orang, kalau offline ada 100 dan bisa bertambah lagi sampai sore kita nunggu," tutur Anizar.

"Hari ini kita menyediakan vaksinasi sebanyak 700 dosis untuk 700 ekor hewan terancam tetular rabies," tambah Anizar.

Sementara, dijelaskannya, untuk warga Kota Bogor yang tidak bisa datang ke Kantor Kecamatan Bogor Timur untuk mengikuti kegiatan vaksin rabies bagi hewan peliharaannya, mereka bisa langsung datang ke Kantor DKPP Kota Bogor. 

"Nah buat warga Kota Bogor yang tidak bisa datang hari ini kita persilahkan untuk datang ke kantor DKPP, kita buka selama jam kerja atau setiap hari, jadi silahkan datang kesana dan tidak dipungut biaya atau tetap gratis," tutur Anizar.

Soal penyebaran penyakit rabies di Kota Bogor, dituturkan dia, memang untuk Kota Bogor sampai saat ini masih dalam posisi belum ada rabies. Meski begitu, karena diketahui rabies ini penyebabnya karena virus, maka salah satu upaya ampuh untuk melakukan pencegahan yakni melalui program vaksinasi. 

"Jadi vaksinasi ini menjadi suatu langkah paling tepat agar kita bisa terhindar dari rabies, karena mengingat penyakit rabies ini bisa menularkan dari hewan ke manusia," papar Anizar

"Sangat penting, karena ini untuk pencegahan rabies dan bisa menular kepada manusia, makanya kita jaga kesehatan hewannya sekalian jaga kesehatan manusianya,"

Atas dasar itu, dirinya mengimbau kepada para pemelihara hewan di Kota Bogor untuk bersama-sama menjaga secara rutin kesehatan hewan peliharaannya dengan melakukan vaksinasi setiap tahunnya. 

"Vaksinasi kucing atau rabies ini kita lakukan setiap satu tahun sekali, karena masa ilangannya itu persatu tahun sekali. Makanya, yang punya kucing silahkan melakukan vaksinasi secara rutin agar hewannya sehat dan manusianya juga sehat," ujar Anizar

Sementara itu, salah seorang warga Kota Bogor yang mengikuti program vaksin rabies, Novi mengaku terbantu dengan adanya program ini. Sebab, sebagai penyayang binatang dan sudah menganggap hewan-hewan peliharaannya sebagai anggota keluarga sendiri, tentu menginginkan kesehatan. 

Baca Juga: Peringatan Hari Rabies Sedunia, Ratusan Hewan Peliharaan Divaksin
Antisipasi Penularan Rabies, Hewan di Wilayah Pemkot Jaktim Divaksin

"Programnya menarik sekali. Dan kita inginnya hewan-hewan di rumah itu sehat, karena kalau ada yang sakit kan kita sedih yah," katanya. 

"Apalagi, program ini gratis dan kalau di dokter kan biasanya lumayan ya harganya, sementara kucing kita banyak, jadi bagus gitu bisa menghemat," ujar perempuan yang memiliki 9 kucing di rumahnya tersebut.

Video Terkait