8 Jenis Kucing Ras di Dunia dengan Harga Fantastis

Ilustrasi kucing ashera (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 28 September 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Kucing adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang paling disukai oleh kebanyakan orang. Memiliki bulu halus dan tingkah laku yang sangat menggemaskan, menjadi daya tarik tersendiri dari hewan yang satu ini. Hal inilah yang membuat pecinta binatang jatuh hati dan ingin memeliharanya.

Tanpa memikirkan harga, jika sudah cinta mau dikata apa. Mereka pun rela membeli kucing ras incarannya meski harga yang dijual sangat fantastis.

Jenis-jenis kucing ras termahal di dunia

Sama seperti hewan pada umumnya, kucing juga memiliki jenis dan ras yang beragam. Diantaranya merupakan kucing hasil persilangan sehingga membuatnya menjadi ras kucing langka di dunia. Tak heran jika harga kucing tersebut dibanderol ratusan bahkan miliaran rupiah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah jenis-jenis kucing termahal yang ada di dunia.

1. British Shorthair (15-50 juta)

Salah satu jenis kucing termahal di dunia adalah British Shorthair. Diketahui kucing ini sudah ada sejak jaman kekaisaran Romawi. Kucing yang satu ini memiliki penampilan yang chubby dan bulat, ciri khas dari kucing ini adalaha warna mata tembaga mereka, bulu abu-abu kebiruan, dan wajah lebar.

Selain itu, mereka juga memiliki sifat mudah beradaptasi, penuh kasih sayang, dan sangat manja pada pemiliknya. Hal inilah yang menjadi alasan mengaoa british shorthair banyak dipelihara, meski harganya terbilang mahal, yakni sekitar 15 hingga 50 juta rupiah.

2. Russian Blue (25-50 juta)

Sesuai namanya, jenis kucing ini memang berasal dari Rusia tepatnya di kota Archangel. Menurut sejarah, kucing ini sudah ada sejak tahun 1870-an, lalu sekitar tahun 1875 kucing ini dibawa ke Inggris dan akhirnya terkenal ke seluruh dunia sampai sekarang.

Sifat kucing ini pemarah namun juga setia terhadap pemiliknya. Secara fisik, Russian blue memiliki bulu yang tebal, berwarna biru keabu-abuan, dan matanya yang cerah.

Jenis kucing ini juga masuk dalam daftar kucing termahal di dunia, sebab populasinya relatif langka. Untuk mendapatkannya, kamu harus merogoh kocek berkisar 25-50 juta rupiah untuk satu ekornya.

3. Peterbald (25-55 juta)

Deretan kucing termahal selanjutnya ada jenis Peterbald. Ia merupakan persilangan antara kucing Sphynx dan kucing Shorthair, sehingga pada umumnya tidak memiliki bulu. Bagi sebagian orang, kucing ini terlihat unik dan menarik, karena memiliki wujud yang botak, tidak memiliki bulu di hampir seluruh tubuhnya.

Meski begitu, kucing ini termasuk setia dan penuh kasing sayang. Ia juga termasuk masih langka, karena termasuk ras kucing baru yang ditemukan pada 1994 di Saint Petersburg, Rusia. Untuk harganya, Peterbald dijual sekitar 25 sampai 55 juta rupiah.

4. Toyger (70,73 juta)

Sekilas, jenis kucing ini terlihat seperti harimau, namun ia tetap jinak layaknya kucing peliharaan pada umumnya. Toyger merupakan kucing ras yang diciptakan oleh peternak kucing bernama Judy Sudgen di sebuah Cattery di Amerika Serikat.

Judy memang sengaja menciptakan ras baru yang memiliki penampilan seperti harimau dengan tubuh kecil seperti kucing rumahan agar dapat dipelihara dan diajak bermain manusia. Hasil penciptaan ras baru ini membuat toyger dibanderol dengan harga sekitar 70,73 juta rupiah.

5. Bengal (15-100 juta)

Jenis kucing yang populer dan memiliki harga selangit berikutnya adalah Bengal. Bengal merupakan hasil persilangan dari kucing American short hair juga kucing macan tutul Asia. Tak heran mengapa Kucing ini memiliki keunikan corak bulu yang tampak seperti harimau dengan pola tutul dan garis.

Dibandingkan jenis kucing lainnya, Bengal memiliki ukuran yang besar, sehingga terlihat seperti kucing liar yang garang. Harga kucing bengal sendiri dibanderol berkisar 15-100 juta rupiah per ekornya.

6. Persia (20-100 juta)

Mendengar nama Persia, tentu sudah tidak asing lagi bagi pecinta kucing. Hal ini karena jenis kucing yang satu ini merupakan jenis yang paling populer dan banyak dipelihara.

Persia memiliki bulu sangat lebat dan wajah yang menggemaskan. Persia sendiri juga memiliki beberapa jenis lagi seperti short hair Persian, Chincilla, dan Himalaya. Untuk jenis yang langka, kucing Persia bisa dijual dengan sangat mahal, yakni sekitar 20 sampai 100 juta rupiah satu ekornya.

7. Savannah (250 juta)

Kucing Savannah merupakan jenis hibrida, persilangan antara kucing Siam dengan Serval liar dari Afrika. Kucing ini telah dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai ras kucing terpanjang di dunia, dengan panjang 17,1 inci atau sekitar 44 cm.

Meskipun memiliki keunikan, namun sayang harga kucing ini sangat mahal, yakni mencapai 250 juta rupiah. Harga yang melambung tinggi disebabkan karena tingkat kesuburan pejantan yang rendah, sehingga membuatnya sangat langka.

Baca Juga: 8 Jenis Kucing Ras di Dunia dengan Harga Fantastis
Banyak yang Belum Tahu, Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Menggaruk Tubuhnya

8. Ashera (311 juta -1,76 miliar)

Jenis kucing paling mahal di dunia diduduki oleh Ashera. Kucing ini merupakan hasil gabungan gen dari kucing rumah biasa, kucing macan tutul Asia, dan ras keturunan Afrika. Kucing ini diciptakan oleh peternakan kucing Lifestyle Pets di Amerika Serikat. Sang perusahaan menjaga kucing ini agar tetap eksklusif, dengan hanya menghasilkan lima kucing Ashera dalam setahun.

Ashera memiliki karakter yang setia, senang bersosial, memiliki rasa penasaran yang tinggi, mandiri setia, protektif dan sangat vokal. Berkat keunikan dan kelangkaan inilah yang membuat harga kucing Ashera bisa mencapai 313,5 juta hingga 1,78 miliar rupiah hanya untuk satu ekornya.

Video Terkait