3 Jenis Pakan Tambahan agar Burung Kenari Rajin Berkicau

Ilustrasi burung kenari (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Kamis, 22 September 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Burung kenari adalah burung kicau yang cukup populer. Suaranya begitu indah dan merdu, sehingga banyak yang mengincarnya, terutama kenari jantan.

Dalam memelihara burung kenari, pemberian pakan adalah hal yang harus dilakukan dalam setiap harinya. Jumlah dan kualitas dari pakan, juga menjadi sesuatu yang tidak boleh luput untuk diperhatikan.

Umumnya, guna memenuhi semua kebutuhan nutrisi, burung kenari sebaiknya diberikan pakan utama yang terbuat dari berbagai bahan seperti tepung cacing, tepung sayuran, kuning telur rebus, cacing, dan suplemen vitamin.

Cacing dan telur ini menjadi sumber protein hewani yang bagus untuk burung kicau yang satu ini. Bahkan cacing sendiri sangat baik diberikan pada saat kenari betina membesarkan anak-anaknya atau pada saat telur akan menetas.

Namun, perlu diingat untuk tidak memberikan telur asin pada kenari. Hal ini karena kadar garam pada telur asin dapat merusak suara kenari.

Jenis pakan tambahan untuk burung kenari

Tidak hanya pakan pokok, burung kenari juga perlu diberikan pakan tambahan sebagai alternatif lain guna memenuhi asupan gizi hariannya. Pakan yang bernutrisi akan mendukung kondisi kesehatan kenari, sehingga dapat tumbuh dengan sehat dan memiliki penampilan yang bagus.

Berikut ini adalah beberapa pakan tambahan alternatif yang dapat diberikan untuk burung kenari.

1. Madu

Tidak hanya baik untuk manusia, madu juga baik untuk binatang peliharaan termasuk burung kenari. Memberikan madu secara teratur bermanfaat membuat kenari tetap sehat dan mendorong kemampuannya untuk jadi rajin berkicau.

Sobat Agri bisa memberi madu dengan mencampurkannya pada pakan bijian dan menjemurnya sampai kering.

Selain itu, pemberian madu juga dapat dicampur dengan tepung roti, tepung jagung, tepung cacing, roti tawar, biskuit, dan kuning telur rebus. Namun pemberian madu dengan cara tersebut, harus dibatasi dan diperkirakan habis 1-2 jam, terutama untuk induk kenari yang sedang membesarkan anak-anaknya.

2. Minyak ikan

Minyak ikan memang dikenal kaya akan omega-3. Kandungannya ini juga bermanfaat untuk burung kenari. Kamu bisa memberikan minyak ikan pada pasangan kenari yang telah dimasukkan ke sangkar/kandang penangkaran dan tidak lagi akan dijemur.

Ketika burung kenari tidak lagi akan dijemur, minyak ikan ini berperan penting dalam memenuhi kebutuhan vitamin D di dalam tubuhnya. Cara pemberian minyak ikan ini bisa dilakukan dengan cara dicampurkan pada pakan bijian dan tepung roti.

Baca Juga: 3 Jenis Pakan Tambahan agar Burung Kenari Rajin Berkicau
Manfaat Memandikan Burung Pleci di Malam Hari Berserta Caranya

3. Minyak gandum

Selain minyak ikan, minyak gandum juga termasuk pakan tambahan yang kaya nutrisi untuk burung kenari. Minyak gandum ini berperan dalam memacu perkawinan pada kenari yang akan ditangkarkan.

Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E yang banyak di dalamnya, membantu proses pertumbuhan bulu-bulu muda pada burung anakan atau kenari muda yang mengalami kebotakan. Bahkan, pemberian minyak gandum yang cukup juga berguna untuk mempercepat kenari muda lebih sering berkicau.

Video Terkait