4 Manfaat Memelihara Kucing bagi Tubuh, Nomor 3 Bikin Kaget

Ilustrasi kucing Rusia. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 20 September 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Memelihara kucing dapat membawa cinta dan persahabatan tanpa syarat ke dalam hidup. Tak jarang, hewan menggemaskan ini juga mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan pemiliknya. 

Bahkan, menjadikan kucing sebagai teman di rumah juga dapat membantu menghilangkan stres loh. Oleh karena itu, bagi kamu pecinta kucing, wajib banget deh memeliharanya di rumah. 

Manfaat memelihara kucing untuk kesehatan

1. Menurunkan stres dan kecemasan

Membelai atau bermain dengan kucing dapat mengubah hari yang buruk menjadi hari yang baik. Dengkuran kucing diketahui dapat menenangkan sistem saraf dan menurunkan tekanan darah.

2. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Memelihara kucing dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Mengurangi perasaan kesepian

Kucing dapat mengurangi perasaan kesepian karena menawarkan cinta tanpa syarat yang bisa sama dengan (atau kadang-kadang bahkan lebih besar dari) banyak teman dan orang kepercayaan manusia. 

4. Mencegah alergi

Bulu kucing kerap dianggap sebagai salah satu alergen yang paling umum. Namun, jika seorang anak terpapar kucing dalam beberapa tahun pertama kehidupannya, mereka cenderung mengembangkan sistem kekebalan yang tidak hanya memerangi alergi kucing, tapi juga jenis alergen lainnya.

Berikut alasan kenapa kucing cocok dijadikan hewan peliharaan. 

1. Mudah dipelihara

Daripada anjing, kucing lebih mudah dipelihara. Sebab, kucing tidak perlu sering dibawa jalan-jalan, memerlukan pelatihan, perawatan yang sering, atau lebih banyak mainan dan perhatian.

Hewan ini juga cocok untuk mereka yang tinggal di apartemen atau kehidupan kota. Kucing pun tidak membutuhkan banyak ruang untuk bermain dan betah seharian di rumah.

2. Pendiam

Kucing cenderung hanya mengeong saat lapar. Jadikamu tak perlu khawatir akan dibangunkan atau terganggu oleh kucing yang meminta perhatian. Hal ini menjadikannya hewan peliharaan yang ideal jika kamu bekerja dari rumah atau mungkin memiliki anak yang harus tidur siang.

Baca Juga: 4 Manfaat Memelihara Kucing bagi Tubuh, Nomor 3 Bikin Kaget
Perlukah Menyikat Gigi pada Kucing? Begini Kata Ahli

3. Mandiri

Kucing akan ada saat kamu membutuhkannya, namun juga sangat mahir menghabiskan waktu sendiri. Sebagian besar kucing tidak membutuhkan atau menginginkan perhatian terus-menerus, jadi kamu bisa fokus ke hal-hal lain, selain merawat kucing.

4. Menjaga rumah bebas hama

Kucing terkenal suka berburu hewan pengerat. Kucing juga pembunuh serangga alami, seperti lalat rumah dan laba-laba.

5. Memiliki rentang hidup yang panjang

Berpisah dengan hewan peliharaan bisa jadi sangat menyakitkan. Meskipun kamu masih cenderung hidup lebih lama dari kucing, rentang hidupnya yang lebih lama berarti kamu akan memiliki lebih banyak waktu bersama, bahkan hingga 20 tahun.

Video Terkait