Geger! Sapi Lemosin Masuk Sumur Tua, Penyelamatannya Dramatis

Sapi Lemosin masuk sumur tua. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 20 September 2022 | 17:00 WIB

Beredar sebuah video viral di media sosial, seekor sapi jantan jenis limosin berusia satu tahun tercebur ke sumur tua sedalam sekitar lima meter di Desa Kedungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Mendapat permintan bantuan, tim Damkar langsung menuju ke lokasi. Setibanya di lokasi, petugas pun merencanakan strategi untuk mengeluarkan anak sapi dari dalam sumur yang sempit itu. 

Kepala Bidang Damkar, Satpol PP dan Pemadan Kebakaran Kabupaten Tuban, Sutaji saat dikonfirmasi Sariagri membenarkan kejadian viral sapi terjebur sumur tersebut milik M. Sholeh (50 tahun) warga Desa Kedungrejo, Plumpang. 

Sapi yang diketahui sudah berada di dalam sumur sekitar pukul 04.30 WIB tersebut, akhirnya dapat dikeluarkan sekitar pukul 07.00 WIB. 

"Evakuasi sapi menggunakan tali, dan diangkat secara manual. Proses evakuasi sekitar 35 menit prosesnya. Lantaran kondisi sumur cukup dalam sekitar lima meter dan sempit," terang Sutaji kepada Sariagri, Senin (19/9/2022).

Dalam proses evakuasi, imbuhnya, tim Damkar bekerja sama dengan warga setempat. Proses evakuasi sapi berjalan dramatis, dengan cara badan sapi harus diikat menggunakan seutas tali tampar besar lalu ditarik manual menggunakan katrol air. 

"Kami berpesan kepada pemilik ternak untuk menjaga hewan peliharannya. Bagi yang memiliki sumur yang dekat dengan kandang, diharapkan untuk diberi tutup supaya lebih aman," ujarnya. 

Baca Juga: Viral, Sapi Ini Auto Masuk Kandang Usai Diteriaki Pemiliknya
Tak Ingin Pisah dengan Pengasuhnya, Sapi Ini Lompat dari Mobil Boks

Sementara pemilik sapi, menurutkan dirinya sangat kaget saat mengetahui sapinya raib dari kandang. Posisi sapi baru diketahui saat ia mengechek ke dalam sumur tak jauh dari lokasi kandang.

"Awalnya kaget, karena sapi punya saya yang satu ekor tidak ada di kandang. Saat saya cari sekitar setengah lima subuh, ternyata sapi sudah terjebur ke dalam sumur ini," kata Soleh seraya menunjuk kedalam lubang sumur yang dimaksud.

Sholeh menuturkan saat diangkat sapi dalam kondisi agak lemah, dan punggung sapi terluka sekitar 25 cm yg diperkirakan karena dibuat mengganjal tubuhnya ke dinding sumur agar tidak kembali tercebur kedalam sumur yang diperkirakan kedalamannya sekitar 5 meter.

"Setelah berhasil diangkat dari sumur, sapi mengalami luka pada bagian punggung belakang. Hal itu dikarenakan sapi berusaha keluar dan menahan seluruh badannya menggunakan punggung, agar tidak tenggelam," pungkasnya.

Video Terkait