Manfaat Memandikan Burung Pleci di Malam Hari Berserta Caranya

Pleci, Burung kacamata (foter.com)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Selasa, 20 September 2022 | 07:08 WIB

Sariagri - Pada dasarnya salah satu rutinitas yang wajib dilakukan ketika memelihara burung pleci adalah memandikannya. Hal ini karena ketika hidup di alam liar burung kicau ini pun sangat suka mandi, baik pagi, sore dan malam hari.

Umumnya memandikan hewan peliharaan dilakukan pada pagi hari. Namun hal ini tidak berlaku pada burung pleci. Memang terdengar tidak biasa, tapi faktanya hampir semua penghobi memandikan burung pleci di malam hari.

Manfaat memadikan burung pleci malam hari

Selain mandi pagi dan sore hari, burung pleci juga gemar mandi pada malam hari. Proses pemandian saat malam ini, ternyata diyakini memiliki banyak manfaat, antara lain:

1. Meningkatkan mental burung pleci.
2. Membantu proses penjinakan burung pleci yang sebelumnya giras.
3. Menurunkan dan mengatasi over birahi pada burung pleci.
4. Membantu merangsang burung plcei agar lebih rajin bunyi supaya cepat buka paruh.

Cara melakukan mandi malam untuk burung pleci

Perlu diingat, meski memiliki manfaat, memandikan burung pleci pada malam hari juga harus memperhatikan kondisi juga. Jangan pernah memandikan burung pleci pada malam hari jika burung dalam kondisi sakit atau terlihat kedinginan.

Jika hal ini dipaksakan, justru akan membuat burung pleci semakin sakit. Pastikan juga sebelum memandikannya, saat sore hari burung diberi makan telebih dahulu. Hal ini bertujuan agar pleci tidak kelaparan ketika dimandikan dan burung tidak mudah sakit (masuk angin).

Waktu terbaik untuk memandikan burung pleci malam hari, yaitu pada pukul 18.30-19.30. Jika lewat dari pukul tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Memandikan pleci ketika sudah terlalu malam, akan membuat pleci berpotensi sakit.

Lantas bagaimana cara memandikannya?

Mandikan burung pleci di ruangan yang tertutup dengan lampu terang dan hangat. Jangan sekali-kali, kamu memandikan pleci pada malam hari di ruangan terbuka dan terkena angin langsung karena dapat mengakibatkan burung rentan sakit.

Baca Juga: Manfaat Memandikan Burung Pleci di Malam Hari Berserta Caranya
4 Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Memelihara Burung Cendet

Jika sudah selesai memandikan, sebaiknya pleci diangin-anginkan di tempat yang hangat sambil diberikan pakan seperti kroto atau ulat hongkong yang putih, tergantung setelan dan porsi burung.

Setelah itu, jika bulu pleci dirasa sudah benar-benar kering, maka sangkar burung dapat kembali dikerodong dan biarkan burung beristirahat kembali dengan nyaman sampai esok hari.

Video Terkait