Ini Penyebab Anjing Suka Makan Tanah

Ilustrasi anjing. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Reza P - Kamis, 22 September 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Anjing sering kali berperilaku yang dianggap aneh oleh pemiliknya, salah satunya adalah makan tanah atau kotoran.

Seringkali, anjing peliharaan memakan tanah dan menyebabkan mulutnya menjadi kotor. Meski perut anjing tahan terhadap jenis kotoran, hal tersebut perlu ditindaklanjuti jika berkelanjutan.

Melansir Mental Floss, Dokter hewan Laurie S Coger, DVM yang tergabung dalam American Kennel Club, mengatakan anjing memakan tanah menjadi indikasi keadaan emosional. Hewan peliharaan yang stres atau bosan dapat menikmati pica atau menelan bahan yang tidak dapat dimakan. Jika itu kotoran, maka mereka terlibat dalam geophagia.

Anjing yang memakan kotoran juga bisa disebabkan untuk mencoba dan meringankan beberapa jenis penyakit kesehatan seperti anemia, sakit perut atau semacam kekurangan gizi.

Meski begitu, seseorang harus menghentikan kebiasaan peliharaannya memakan tanah. Jika anjing memakan tanah terlalu banyak dapat mengembangkan impaksi di usus mereka yang memungkinkan memerlukan pembedahan untuk menyelesaikannya. Tanah merupakan rumah bagi pestisida, racun, batu dan hal lainnya yang dapat melukasi hewan secara serius.

"Saya akan menambahkan bahwa setiap perilaku baru yang tidak wajar, seperti makan kotoran, harus segera ditindaklanjuti," kata Dr. Coger. "Baik karena kemungkinan penyebab serius yang mendasarinya maupun sebelum menjadi kebiasaan. Anjing akan belajar dari anjing lain di rumah, dan siapa yang menginginkan rumah yang penuh dengan pemakan kotoran?"

Baca Juga: Ini Penyebab Anjing Suka Makan Tanah
Kenapa Anjing Suka Mengejar Ekornya Sendiri? Ini 4 Alasannya

Sebaiknya, bawalah anjing ke dokter jika terlihat memakan tanah apakah ada penyimpangan. Jika masalah berlanjut, cobalah untuk membuat anjing tersebut sibuk dan aktif sehingga mereka cenderung tidak melahap halaman belakang.

Beberapa anjing mungkin menyukai tempat tertentu yang bisa ditutup.

Jika terlihat anjing sedang memakan tanah segeralah cegah dengan memberitahu mereka "tidak" atau "tolong berhenti makan kotoran".

Video Terkait