Harus Hati-hati! 6 Jenis Serangga Ini Jago Bikin Pakaian Rusak

Ilustrasi Rayap (Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Senin, 3 Oktober 2022 | 12:45 WIB

Sariagri - Kamu punya tidak baju dengan lubang-lubang kecil? Padahal kamu sudah menaruhnya di dalam lemari dengan benar. Jika kamu perhatikan, sebenya pelaku yang membuat pakaian kamu seperti itu karena serangga-serangga kecil yang ada di rumah.

Serangga-serangga tertentu memang bisa merusak kain seperti wol, katun, rayon, linen, dan bahkan menodai bahan sintetis. Ketika serangga-serangga ini menggigit kain, Alhasil terbentuklah lubang kecil-kecil.

Apa saja jenis serangga yang dapat merusak pakaian? Berikut ini telah dirangkum dari laman thespruce.

1. Gegat

Gegat adalah serangga tak bersayap yang mempunyai panjang sekitar 1/4- hingga 1/2-inchi dengan lima kaki. Tubuh mereka yang berbentuk wortel memiliki warna perak.

Serangga yang berwarna perak ini dapat ditemukan di daerah gelap dan lembab. Hama ini makan di malam hari dan tinggal dekat dengan sumber makanan.

Gegat menyukai kotoran tubuh, noda makanan, serat alami seperti sutra dan kapas. Saat gegat mulai makan, ia akan memotong lubang yang tidak teratur pada seratnya.

2. Ngengat

Ngengat merupakan serangga dengan sayap kecil sekitar 1/2 inci. Ngengat dewasa tidak berbahaya bagi wol, kasmir, atau pakaian mohair, tetapi larvanya bisa merusak pakaian dengan membuat lubang di pakaian.

Ngengat betina bertelur ratusan telur putih lembut yang menempel pada kain dan menetas dengan cepat. Larva akan makan selama lima minggu hingga dua tahun tergantung pada kelembapan, suhu, dan ketersediaan makanan.

3. Jangkrik

Jangkrik mungkin tidak dikenal sebagai serangga yang memakan pakaian. Namun, mereka tertarik pada noda makanan dan minuman, dan pati cucian.

Jangkrik akan memakan sisa-sisa noda dan memotong benang-benang kain di pakaian. Selain itu, kotoran jangkrik juga dapat menodai pakaian bersih. Jadi, jika kamu menemukan kotoran serangga ini, cuci ulang pakaian sebelum memakainya.

4. Rayap

Rayap merupakan serangga yang dikenal sangat tertarik pada pakaian yang ternoda oleh kotoran tubuh, makanan, atau minuman. Saat makan, mereka sering memotong kain sehingga menyebabkan lubang.

5. Kutu Api

Kutu api umumnya berukuran 1/4 sampai ½ inch. Kutu api memiliki mantel perak dan coklat belang-belang. Mereka adalah serangga tak bersayap dengan tubuh seperti wortel dengan lima kaki. Mereka aktif di malam hari dan lebih menyukai ruangan yang hangat seperti loteng.

Begitu kutu api menemukan sumber makanan, mereka cenderung tinggal di dekatnya. Serangga ini khususnya menyukai kapas, linen, dan rayon. Noda makanan dan minuman yang berbahan dasar gula juga sangat menarik bagi serangga ini.

Baca Juga: Harus Hati-hati! 6 Jenis Serangga Ini Jago Bikin Pakaian Rusak
Ahli Menjelaskan Jika Mengonsumsi Serangga Mencegah Pemanasan Global

6. Kecoak

Kecoak adalah salah satu serangga yang memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Selain itu, kecoak juga dapat merusak pakaian dan kain apa pun di rumah.

Kecoak tertarik pada keringat atau noda cairan tubuh, tumpahan makanan dan minuman. Saat kecoak menggerogoti noda ini, ia dapat membuat lubang pada serat pakaian.

Video Terkait