Peternak Ini Curhat ke Jokowi, Kerbaunya Mati karena Kesulitan Air

Presiden Jokowi dengankan curhatan para peternak. (Setkab)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 15 September 2022 | 20:45 WIB

Sariagri - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau dan berjumpa dengan para peternak kerbau di Desa Werwaru, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya pada Kamis, (15/9/2022). Di sana, Kepala Negara berdialog dengan peternak kerbau dan menyerap aspirasi mereka.

Kepala Desa Werwaru Elias Tenggawna yang turut berdialog dengan Presiden Jokowi menyampaikan jumlah kerbau saat ini jauh berkurang. Ia menjelaskan, hal ini disebabkan oleh kondisi alam yang sudah tidak mendukung untuk beternak, salah satunya kekurangan air akibat kekeringan.

"Kendala di Pulau Moa ini adalah air, air yang sangat susah. Jadi sampai ketika musim kemarau begini kerbau mati sampai ribuan ekor," ucap Elias.

Baca Juga: Peternak Ini Curhat ke Jokowi, Kerbaunya Mati karena Kesulitan Air
Balap Kerbau di Thailand Menandai Awal Musim Tanam Padi

Karena itu, Elias meminta pemerintah pusat untuk turut membantu dalam mengatasi masalah kekurangan air tersebut. Presiden Jokowi pun langsung memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk membangun satu embung di setiap desa.

"Sudah, ini saya perintah Pak Menteri PU langsung buat (embung) ya," kata Jokowi

Para peternak kerbau pun mengapresiasi jawaban Presiden Jokowi untuk mengatasi masalah tersebut. Kepala Desa Werwaru Elias Tenggawna juga turut menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Presiden berkunjung ke daerahnya.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak yang sudah datang ke tempat kami yang sangat jauh ini,"pungkas Elias.

Video Terkait