Tips dan Trik Menghilangkan Jamur pada Kucing Peliharaan

Ilustrasi kucing Rusia. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 15 September 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Menjaga kesehatan dan kebersihan kucing peliharaan sudah menjadi tanggung jawab pemilik. Meskipun kucing peliharaan hanya berdiam diri di rumah tidak menutup kemungkinan untuk kucing terkena berbagai macam penyakit, salah satunya jamur.

Jamur pada kucing biasanya disebabkan oleh jamur Microsporum Canis dan Trichophyton Mentagrophytes. Namun bisa juga penularan jamur disebabkan oleh penularan pada kucing yang terkena jamur. Jika kucing peliharaan terinfeksi jamur segera lakukan tindakan agar tidak memperburuk jamur pada kucing. 

Berikut cara menghilangkan jamur pada kucing.

1. Lakukan isolasi 

Kucing yang terinfeksi jamur sangat berpotensi untuk menulari kucing lain bahkan manusia. Langkah mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memisahkan atau mengisolasi kucing yang terkena jamur. Berikan kucing yang berjamur tempat yang terpisah dari kucing lainnya.

2. Bersihkan kandang dan tempat bermain

Penyebab utama jamur pada kucing adalah tempat yang kotor, sehingga bakteri dan jamur mudah berkembang biak. Bersihkan kandang dan tempat bermain dengan menggunakan cairan pemutih yang dicampur dengan air. Lakukan berulang untuk memastikan bakteri di dalamnya benar-benar mati. 

3. Oleskan obat salep

Untuk mempercepat pengobatan gunakan salep dan oleskan pada bagian yang terdapat jamur. Penggunaan salep untuk membantu menghilangkan kulit yang berkerak dan bersisik. Namun penggunaan salep harus didasari dengan resep dokter.  Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat mengoleskan salep agar tidak tertular.

4. Mencukur bulu kucing

Kucing yang terinfeksi jamur akan merasa gatal dan membuatnya tidak nyaman. Salah satu cara untuk membersihkannya yaitu dengan mencukur bulu kucing. Kamu bisa membawanya ke petshop untuk mencukur bulunya dan mendapat vitamin untuk mencegah jamur datang lagi.

Baca Juga: Tips dan Trik Menghilangkan Jamur pada Kucing Peliharaan
Banyak yang Belum Tahu, Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Menggaruk Tubuhnya

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jamur pada kucing peliharaan. Perlu diingat bahwa penggunaan obat dan salep harus berasal dari resep dokter agar jamur tidak semakin parah. 

5. Konsultasikan dengan dokter hewan

Ketika mendapati kucing peliharaan terinfeksi jamur jangan panik dan bingung, segera bawa kucing ke dokter hewan. Sebab membawanya ke dokter hewan adalah pilihan yang paling tepat. Tak jarang dokter akan merekomendasikan obat seperti ketoconazole, griseofulvin, terbinafine serta itraconazole namun harus dengan anjuran dan resep dokter.

Video Terkait