Tragis, Seorang Pria Tewas Diserang Kanguru Peliharaannya

Kanguru hewan ikon Australia. (Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 13 September 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Seorang pria di Australia tewas setelah diserang oleh seekor kanguru yang dia pelihara. Seorang kerabat menemukan pria berusia 77 tahun itu di rumahnya dengan luka serius. 

Mengutip BBC, pihak kepolisian menjelaskan bahwa ketika kru ambulans tiba untuk mengevakuasi korban, kanguru tersebut mencegah pihak paramedis dan kepolisian untuk masuk. Polisi mengatakan mereka terpaksa menembak mati hewan berkantung itu agar paramedis bisa segera melakukan penyelamatan. Namun, pria itu ternyata tewas di tempat.

Seorang juru bicara polisi mengatakan bahwa mereka yakin pria itu diserang oleh kanguru, yang sebenarnya adalah binatang buas.  Australia adalah rumah bagi sekitar 50 juta kanguru, yang beratnya bisa mencapai 90kg dan tumbuh setinggi 2m.

Namun serangan fatal jarang terjadi, kasus ini adalah yang pertama dilaporkan di Australia sejak 1936. Kanguru memiliki "banyak senjata" seperti gigi tajam, cakar, dan kaki yang kuat, kata pakar perilaku kanguru Graeme Coulson kepada Australian Broadcasting Corporation.

"Tentu saja jika mereka terpojok atau dalam keadaan tertekan, kanguru bisa sangat berbahaya," kata Associate Professor Coulson.

"Masalah dengan kanguru dan manusia adalah kita sama-sama makhluk yang memiliki tubuh tegak, kita sama-sama berdiri dengan kedua kaki dan sikap tegak seperti itu bentuk tantangan bagi kanguru jantan," tambahnya. 

Baca Juga: Tragis, Seorang Pria Tewas Diserang Kanguru Peliharaannya
Ratu Elizabeth II Tutup Usia, Bagaimana Nasib Anjing Corgi Kesayangannya?

Pada Juli, seekor kanguru membuat seorang wanita berusia 67 tahun terluka dan patah kaki setelah menyerangnya di jalan-jalan sekitar Queensland. Selain itu, seorang gadis berusia tiga tahun di New South Wales mengalami serangan oleh kanguru dan menderita cedera kepala serius.

Kanguru hidup di Australia, Tasmania, dan pulau-pulau sekitarnya di berbagai habitat seperti hutan, dataran, dan sabana. Tergantung pada spesiesnya, kanguru menempati relung yang berbeda dalam ekosistem.  

Video Terkait