Jangan Panik, Begini Cara Mudah Mengeluarkan Serangga jika Masuk Telinga

Ilustrasi Tungau (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 14 September 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Sakit pada telinga tentu membuat kita menjadi tidak nyaman. Selain virus atau infeksi, sakit telinga terkadang disebabkan karena adanya serangga.

Hal ini karena serangga memiliki ukuran tubuh yang kecil sehingga sangat mudah untuk masuk kedalam telinga. Jika hal ini terjadi, kamu akan merasa seperti mendengar dengungan dari suara serangga.

Jika tidak diatasi, situasi ini bisa berakibat fatal. Telinga bisa sakit, bahkan menyebabkan infeksi. Maka untuk mencegahnya, tips yang dilansir ehow.com ini perlu Anda ketahui.

Permasalahan lainnya, kalau serangga ini tidak segera dikeluarkan akan menyebabkan masalah yang sangat berakibat fatal. Untuk mencegahnya, berikut ini tips yang dilansir Ehow.com.

Miringkan Kepala

Cobalah untuk memiringkan kepala hingga menghadap ke atas. Lalu pastikan kamu berada di bawah sinar matahari. Hal ini akan membuat serangga untuk keluar mengikuti ke arah sinar dan merangkak keluar dari saluran telinga.



Minyak bayi atau minyak mineral

Cara lain untuk mengusir serangga dari telinga yakni dengan mengandalkan baby oil atau minyak mineral. Kamu cukup teteskan minyak ke dalam lubang telinga. Setelah itu, putar kepala untuk mengalirkan cairan minyak dan serangga keluar bersama-sama.

Minyak bayi cukup ampuh untuk mengusir serangga karena teksturnya yang licin. Selain itu minyak bayi juga dapat membawa kotoran-kotoran di dalam telinga.

Gunakan senter

Selain cahaya matahari, kamu bisa mengakalinya dengan cahaya dari lampu senter. Hal ini membantu untuk menarik serangga keluar dari saluran telinga mengikuti pergerakan arah sinar.

Namun, cara ini hanya berlaku pada beberapa spesies saja, bahkan beberapa spesies serangga lainnya justru bertindak sebaliknya. Jadi, jika kamu merasakan sakit semakin parah, segera matikan lampu senter.

Baca Juga: Jangan Panik, Begini Cara Mudah Mengeluarkan Serangga jika Masuk Telinga
Bebas dari Lintah, Begini Tips Cuci Kangkung yang Benar



Berikan Air hangat

Setelah serangga keluar dari telinga, segera bersihkan telinga dengan menggunakan air hangat. Hal ini penting untuk mencegah adanya tanda-tanda perdarahan dan mengurangi risiko infeksi pada telinga.

Video Terkait