Mengenal Jenis Ordo Serangga yang memiliki Manfaat Bagi Kehidupan Manusia

Ilustrasi lebah. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Minggu, 11 September 2022 | 15:15 WIB

Sariagri - Seperti yang kamu ketahui, jika di dunia ini banyak sekali hewan yang memiliki karakternya masing-masing dengan berbagai keunikannya.

Membahas soal hewan, pada dasarnya hewan dibagi menjadi 2 golongan. Golongan yang pertama yaitu vertebrata atau hewan yang bertulang belakang dan invertebrata atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Dalam ilmu Biologi, invertebrata dibagi lagi menjadi 8 filum, Salah satunya hewan berbuku-buku atau arthropoda. Hewan arthropoda, bisa dibagi lagi dalam kelompok Crustacea, Arachnoidea, Miyriapoda, dan Insecta.

Insecta kemudian dibagi lagi menjadi beberapa ordo. Di antaranya.

1. Ordo Lepidoptera, contohnya, kupu tomat (Protoparce sexta, Aegeria sp., dan Papilia polyxetes), serta kupu ulat sutra (Attacus sp. dan Bombyx mori) yang dipelihara di Indonesia.

2. Ordo Hymenoptera, contohnya, lebah madu (Apis mellifera), semut hitam (Monomorium sp.), lebah dengung (Bombus sp.), dan lalat gergaji (Endelomya).

3. Ordo Odonata, contohnya, capung (Aeshna sp. dan Libellula sp.).

Nah, berbicara soal serangga, sebenarnya hewan yang dianggap paling menyebalkan dan sering dianggap paling jorok ini sangat berperan bagi kehidupan manusia. Ada beberapa diantaranya yang memberi keuntungan, seperti.

1. lebah madu menghasilkan madu

2. ulat sutra menghasilkan sutra

3. serangga yang membantu penyerbukan bunga, misalnya, lebah dan kupu-kupu

4. serangga predator yang dapat memakan hama secara biologi, dan

5. serangga yang membantu menguraikan sampah

Baca Juga: Mengenal Jenis Ordo Serangga yang memiliki Manfaat Bagi Kehidupan Manusia
Bukan Hanya Buaya, 5 Hewan Ini Dikenal Setia dengan Pasangannya



Selain beberapa keuntungan tersebut, masih ada banyak lagi keuntungan yang diberikan oleh jenis serangga lain. Meskipun demikian, ada juga beberapa jenis serangga yang bisa merugikan manusia.

Misalnya Zootermes di kayu basah dapat mematikan pohon dan juga berbagai jenis nyamuk yang dapat menularkan penyakit pada manusia.

Video Terkait