Gak Perlu Bawa ke Dokter, Begini Langkah Mudah Membersihkan Telinga Kucing

Ilustrasi Kucing (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Rabu, 26 Oktober 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Bagi Sobat Agri yang memelihara kucing, memandikan kucing merupakan salah satu cara merawatnya agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Namun, seringkali banyak pecinta kucing yang melupakan satu bagian pada kucing, yaitu kotoran telinga.

Pasalnya, telinga kucing sangat rentan terhadap penumpukan kotoran. Bila kita tidak rajin membersihkannya, alhasil hewan lucu satu ini akan dengan mudah terserang berbagai infeksi dan jamur.

Padahal, perlu banget kamu tahu nih, untuk membersihkan telinganya kamu bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke dokter. Oleh karena itu, berikut ini langkah mudah membersihkan telinga kucing yang kotor dengan benar dan aman di bawah ini.

Siapkan Peralatan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan beberapa alat sederhana untuk membersihkan telinga kucing. Beberapa peralatan yang dibutuhkan adalah cotton bud, cairan pembersih kucing dan kain handuk yang lembut.

Pastikan kucing dalam keadaan tenang

Setelah semua peralatan siap, selanjutnya membuat kucing dalam keadaan tenang. Bahkan, tidak ada salahnya Mama Papa mengajak kucing bermain bersama agar mood-nya dalam keadaan bagus.

Ketika semua peralatan sudah siap, pastikan membuat kondisi peliharaan kesayanganmu dalam keadaan tenang. Hal ini untuk memudahkanmu nantinya pada saat membersihkannya.

Setelah dirasa kucing sudah dalam keadaan tenang, gendong dan peluk tubuhnya dengan lembut menggunakan kain handuk yang sudah disiapkan. Perlu Sobat Agri ingat, jangan membungkus kucing dengan handuk terlalu kencang, karena akan membuatnya merasa tidak nyaman dan trauma.

Periksa telinga kucing

Jika kucing sudah tenang, perhatikan telinganya dengan baik, apakah ada luka, tungau atau peradangan pada telinganya atau tidak.

Kalau kamu melihat cairan yang berbau, serta kemerahan dan pembengkakan dalam telinga kucing, pastikan untuk segera membawa kucing ke dokter untuk mendapatkan penangan khusus.

Sebaliknya, apabila telinga kucing dalam keadaan baik, kita bisa mulai bersihkan telinganya, dimulai dari bagian lubang telinga. Jika ada bulu yang terlalu panjang dan menutupi lubang telinga, disarankan untuk mengguntingnya secara perlahan.

Teteskan cairan pembersih telinga khusus kucing

Selanjutnya, tarik penutup telinga kucing atau pinna dengan sangat lembut dan perlahan. Tujuannya untuk meneteskan cairan pembersih telinga khusus kucing.

Beri pijatan lembut pada bagian luar telinga kucing. Lakukan secara perlahan hingga seluruh cairan pembersihkan bisa melapisi dinding telinga secara merata, dan diamkan sekitar 5 menit.

Baca Juga: Gak Perlu Bawa ke Dokter, Begini Langkah Mudah Membersihkan Telinga Kucing
Banyak yang Belum Tahu, Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Menggaruk Tubuhnya

Bersihkan telinga kucing secara perlahan

Setelah 5 menit, kita bisa bersihkan bagian dalam telinga kucing. Disarankan membersihkan telinga kucing menggunakan cotton bud yang telah disiapkan sebelumnya.

Putar dengan lembut dan perlahan, agar seluruh kotoran pada telinga kucing terangkat. Apabila ada beberapa cairan yang masih menetes, jangan lupa untuk mengusapnya dengan tisu kering secara lembut.