Ini Sederet Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Kura-Kura

Ilustrasi kura-kura. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Jumat, 30 September 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Kura-kura termasuk salah satu hewan yang menjadi peliharaan di rumah. Biasanya, penyu semi-akuatik seperti kura-kura bertelinga merah atau kura-kura kotak dan kura-kura darat menjadi pilihan untuk dipelihara.

Untuk bisa memelihara kura-kura, pelajari terlebih dahulu apa yang hewan ini butuhkan untuk kesehatannya. Melansir Love To Know, seseorang harus mengetahui spesies kura-kura yang dipilihnya.

Penyu bisa menjadi herbivora yang hanya memakan tumbuhan, karnivora yang hanya memakan daging atau omnivora yang bisa memakan keduanya.

Biasanya, toko hewan peliharaan menawarkan berbagai produk makanan kura-kura dalam bentuk pelet, stik dan potongan yang diperuntukkan berbagai jenis kura-kura. Selain itu, makanan tersebut juga memberikan nutrisi seimbang dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kura-kura.

Namun, makanan tersebut hanya berkontribusi 25 persen untuk kebutuhan kura-kura. Sebaiknya, tambahkan makanan berikut ini untuk kesehatan kura-kura seutuhnya.

Makanan untuk kura-kura yang mengandung protein bisa berupa telur rebus, ulat tepung, siput, jangkrik dan cacing tanah. Kura-kura juga bisa memakan sayuran seperti jagung, buncis, bit, wortel, kacang polong, labu dan ubi.

Baca Juga: Ini Sederet Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Kura-Kura
Supaya Tidak Bosan, Ini Menu Makanan Anjing yang Bisa Diberikan

Makanan untuk kura-kura juga bisa berupa sayuran hijau seperti atasan wortel, selada, sawi, kangkung dan sawi. Sedangkan buah-buahan, biasanya kura-kura memakan apel, anggur, stroberi, melon, pisang, kiwi, mangga dan tomat. Jangan kaget, makanan kura-kura bisa berupa bunga seperti geranium, dandelion, petunia, lili dan anyelir.

Selain itu, makanan dengan sumber kalsium dapat menguatkan cangkang kura-kura. Contohnya, kulit telur yang dihancurkan, cangkang tiram dan sotong. Berilah secara teratur sekali per minggu atau dua kali setiap minggu.

Video Terkait