Cara Ini Ampuh Buat Kucing Peliharaan Tidak Kencing Sembarangan

Ilustrasi Kucing Hitam (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Rabu, 21 September 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Siapa sih yang tidak gemas melihat tingkah lucu hewan peliharaan satu ini? Kucing memang salah satu hewan peliharaan yang memiliki tingkah unik dan termasuk kedalam golongan hewan pintar.

Tapi sangat disayangkan, awal pertama memelihara kucing biasanya kita direpotkan dengan perilakunya yang suka kencing sembarangan di dalam rumah. Alhasil rumah jadi bau pesing dan kita direpotkan untuk membersihkannya.

Akan tetapi, sebenarnya kebiasan nakal kucing seperti ini ada penyebabnya, loh. Misalnya saja seperti lokasi pasir atau litter box susah ditemukan, litter box yang kotor, sedang stres, hingga faktor kesehatan tertentu.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada kok cara agar kucing kesayangan tidak kencing sembarangan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan, simak dibawah ini, ya.

1. Letakkan camilan kesukaan anabul

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah jangan pernah menaruh litter box dekat dengan tempat makannya. Perlu kamu ingat, kucing sangat tidak suka kencing di dekat tempat makannya.

Misal, anabul suka kencing di dekat tempat tidur. Supaya mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama, kamu bisa meletakkan camilan di dekat tempat tidur yang dikencingi si kucing. Dengan begitu, ia akan berhenti kencing di sana.

2. Bersihkan kotak pasir kucing

Ini kondisi yang seringkali membuat kucing kencing sembarangan. Alangkah baiknya jika kamu rutin membersihkan kotak pasir jika sudah terlihat kotor.

Kamu disarankan baiknya untuk membersihkannya sehari sekali menggunakan sekop khusus untuk mengambil dan membuang kotoran kucing. Kemudian letakkan kotak pasir kucing di tempat yang mudah terlihat agar anabul tidak kencing sembarangan.

3. Ajak kucing bermain

Ajak kucing kesayanganmu bermain, cara ini memang terdengar unik namun sangat efektif. Kebiasaan kucing sering buang air kecil sembarangan bisa disebabkan karena stres dan merasa cemas selama berada di rumah.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya untuk lebih sering mengajak kucing bermain bersama di rumah. Bermain bersama dapat menghilangkan stres dan perasaan cemas yang dialami si kucing. Sehingga, kucing akan merasa lebih aman dan nyaman di rumah.

4. Tambahkan kotak pasir baru

Idealnya, satu kotak pasir hanya digunakan untuk satu kucing. Hal ini bertujuan untuk mencegah dan menghindari pertengkaran antar kucing. Jadi jika kamu memiliki banyak kucing kamu perlu menyiapkan kotak pasir untuk mereka, ya.

Baca Juga: Cara Ini Ampuh Buat Kucing Peliharaan Tidak Kencing Sembarangan
Tips Bagi Perternak Agar Burung Puyuh Tidak Jadi Kanibal

5. Selalu bersihkan rumah

Membersihkan rumah tidak hanya sekadar menghilangkan bau pesing akibat kencing kucing. Tapi sekaligus mencegah kucing agar tidak kencing sembarangan.

Bersihkan seluruh sudut rumah menggunakan cairan pembersih beraroma kuat. Beberapa aroma yang dibenci kucing adalah buah lemon dan jeruk, kopi, serta berikan aroma pedas seperti lada maupun kayu manis.

Video Terkait