Tips Menghasilkan Pakan Kutu untuk Burung Walet

Ilustrasi Burung Walet (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Rabu, 21 September 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Sarang burung walet sudah terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, sarang yang terbuat dari liur burung walet ini mempunyai harga yang cukup fantastis.

Maka tak heran banyak orang yang bergelut dalam budidaya sarang burung walet. Berbicara soal budidaya burung walet, tidak lepas dari pakan yang harus dipenuhi. Pasalnya, makanan merupakan faktor utama yang menentukan kesehatan burung walet.

Sama seperti jenis burung lainnya, burung yang bertubuh kecil ini faktanya suka jika diberikan pakan kutu. Inilah sebabnya mengapa tempat dengan kutu sebagai makanan burung walet dapat menarik perhatian burung yang menghasilkan sarang mahal ini.

Kutu yang yang dimaksud bisa kamu dapat dengan menggunakan dedak yang agak kasar. Dedak ini berkarakter memiliki banyak menir dan tidak bau apek. Dedak tersebut dihasilkan dari mesin penggilingan beras.

Selain itu, penggunaan dedak di kandang burung walet tidak akan menimbulkan efek samping untuk burung walet. Malah ada keuntungan lain seperti bisa membuat suhu di dalam ruangan naik seperti penggunaan pupuk kandang. Namun, suhu akan turun setelah sebulan.

Sampai saat ini dedak masih digunakan untuk memancing dan membuat burung walet betah di sarangnya. Tidak hanya di rumah walet, dedak juga bisa diletakkan di pekarangan gedung atau di area bermain burung walet (roaming area).

Sangat mudah dilakukan cara memberikan dedak untuk menarik datangnya kutu. Dedak yang dipilih dapat ditempatkan dalam karung atau ember dan biarkan terbuka.

Tapi perlu kamu ingat, wadah berisi dedak tidak boleh terkena air karena dedak di dalamnya akan menggumpal. Kondisi ini dapat mencegah pertumbuhan kutu.

Jika kamu sudah kamu lakukan, kamu akan melihat kutu muda bermunculan ketika dua minggu setelah meninggalkan dedak. Kutu ini sangat disukai burung walet sehingga dapat memancing kedatangan burung walet di sarangnya.

Hanya satu jenis kutu yang dihasilkan dari dedak. Agar burung walet betah bersarang, kamu bisa menyediakan berbagai kutu atau serangga. Kamu bisa menambahkan singkong cincang halus di atas dedak untuk menghasilkan kutu putih.

Baca Juga: Tips Menghasilkan Pakan Kutu untuk Burung Walet
Laporan Khusus: Menilik Sarang Walet, Komoditas Ekspor Andalan Tanah Air

Selain singkong, ada juga nanas. Nanas bisa menghasilkan ular derik dan aromanya mengundang serangga lain untuk masuk. Namun, tidak semua spesies kutu dapat digunakan sebagai pakan burung.

Ada jenis kutu yang benar-benar berbahaya bagi burung walet, seperti kutu busuk yang bisa menghisap darah burung walet sehingga membuat burung menjadi lemah dan akhirnya mati.

Video Terkait