Tingkatkan Pendapatan, Warga Turki Dapat Sertifikat Penggembala Ternak

Ilustrasi domba wol. (Unsplash/Sam Carter)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 29 Agustus 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Sebanyak lebih dari 47.359 orang di Turki telah mendapat sertifikat sebagai penggembala ternak. Sertifikat itu didapat setelah para penggembala itu menyelesaikan kursus pelatihan yang ditawarkan lewat program Staf Manajemen Ternak Kementerian Pertanian.

Program ini dijalankan bekerja sama dengan Departemen Publikasi Kementerian Pendidikan (EYDB), Direktorat Jenderal Badan Ketenagakerjaan Turki (??KUR), Direktorat Jenderal Peternakan (HAYGEM), Direktorat Jenderal Perusahaan Pertanian (T?GEM), Persatuan Kamar Pertanian Turki (TZOB) dan Asosiasi Peternak Kambing Domba Pembibitan Turki (TÜDK?YEB).

Kursus pelatihan bagi penggembala ternak ini telah diselenggarakan sejak 2013 dalam lingkup "Protokol Kerjasama Program Pasar Tenaga Kerja Aktif". Sekitar 47.359 orang telah berpartisipasi dalam lebih dari 2029 program pelatihan yang diberikan oleh staf teknis di pusat pendidikan publik yang berafiliasi dengan direktorat pendidikan provinsi.

Dalam kursus ini, para calon gembala mempelajari segala hal mulai dari cara mendirikan kandang domba dan tempat perlindungan kambing hingga memilih jenis domba dan kambing, serta memberi makan, merawat, dan membiakkan ternak.

Kementerian Pertanian Turki juga memberikan pembayaran dukungan TL 6.000 ($331,73) kepada usaha yang mempekerjakan manajer ternak bersertifikat. Pembayaran bantuan dilakukan kepada lebih dari 42.346 perusahaan antara tahun 2013 dan 2021 oleh Direktorat Jenderal Peternakan.

Selain itu, pihak kementerian juga memberikan pelatihan dan pendidikan kepada pemilik ternak serta petani. Berkoordinasi dengan Departemen Pendidikan dan Penyiaran, staf teknis memberikan pelatihan tentang 450 mata pelajaran yang berbeda di 81 provinsi. Topiknya meliputi pelatihan tentang menanam tanaman lapangan, buah-buahan dan sayuran, peternakan, mekanisasi dan pertanian rumah kaca.

Menteri Pertanian Turki Vahit Kiri?ci mengatakan mereka sangat mementingkan pendidikan di bidang pertanian. Menurutnya, mereka menyelenggarakan program pelatihan di semua bidang pertanian, terutama manajemen ternak dan pelatihan petani.

"Kami peduli sadar pertanian. Semakin kami melatih petani kami, semakin kami akan meningkatkan produktivitas pertanian," katanya, seperti dilansir Daily Sabah.


Dia pun mengaku pentingnya "Staf Manajemen Ternak" dalam hal memajukan pertanian di negara ini. “Ribuan gembala kami telah dilatih di direktorat pertanian provinsi dan kabupaten kami dan akan terus melakukannya. Dengan demikian, kami mendukung pekerjaan. Kami peduli dengan para gembala kami yang melakukan pekerjaan mereka dengan cara yang sadar. Selain itu, kami berusaha untuk meningkatkan taraf hidup mereka,” katanya.

Baca Juga: Tingkatkan Pendapatan, Warga Turki Dapat Sertifikat Penggembala Ternak
Pertama di Indonesia, Sapi di Banyuwangi Memiliki e-KTP



Dia menambahkan bahwa mereka melayani para petani yang bekerja di bidang pertanian, pangan, peternakan, kehutanan dan akuakultur dengan Akademi Hutan Pertanian. Kiri?ci juga mengatakan mereka bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan untuk mengubah gedung sekolah yang kosong menjadi pusat pembelajaran sosial, yang dikenal sebagai "Pusat Kesehatan Desa."

Proyek ini bertujuan untuk mengubah sekolah yang tidak terpakai menjadi pusat sosial di mana siapa pun tanpa memandang usia mereka dapat memperoleh pendidikan tentang apa saja, mulai dari memasak dan kerajinan hingga keterampilan hidup lainnya. Proyek ini juga akan memastikan penggunaan aktif bangunan-bangunan ini untuk tujuan yang berbeda.

Dia menggarisbawahi bahwa mereka ingin mengubah perspektif di daerah pedesaan untuk mengembangkan sektor pertanian dan mencatat bahwa mereka akan terus mendukung orang-orang di daerah pedesaan.

Video Terkait