Begini Cara Mengusir Tikus Agar Tidak Bersarang di Mesin Mobil

Ilustrasi Tikus (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Senin, 29 Agustus 2022 | 13:15 WIB

Sariagri - Tikus merupakan hewan yang keberadaannya membuat kita sangat kesal. Permasalahannya, hewan pengerat satu ini tidak hanya kita dapat temukan di dalam rumah saja, tetapi seringkali ia berada di dalam sela-sela mesin mobil.

Tentu jengkel bukan? Pasalnya jika sudah terjadi seperti itu, sangat memungkinkan tikus menggigit kabel kelistrikan yang ada di mobil. Kalau sudah tergigit dan putus, akan menyebabkan korsleting listrik pada mobil.

Jika sudah kadung terjadi, berikut ini cara ampuh mengusir tikus di mobil secara permanen.

1. Rajin membersihkan mobil

Menjaga kebersihan mobil tidak hanya sekedar membuatnya nyaman saat digunakan saja. Namun juga dapat mencegah tikus datang. Selain itu, jangan lupa juga segera membersihkan sisa makanan di dalam mobil karena berisiko mengundang hewan-hewan lain datang.

2. Memanaskan mobil

Rutin memanaskan mobil bisa mencegah tikus masuk. Kamu cukup panaskan mobil sekitar 3 hingga 5 menit. Hanya saja, pastikan memanaskan mobil secara rutin agar tikus kabur sepenuhnya.

3. Ganti posisi parkir mobil

Jika mobil jarang dipakai, Kamu dapat memindahkan posisi parkir mobil setiap 3 sampai 4 hari sekali. Hal ini juga cukup ampuh mencegah tikus kembali lagi ke mesin.

4. Hilangkan jejak tikus

Tikus selalu meninggalkan jejak sebagai penada “rumahnya”. Misalnya meninggalkan sampah atau bahkan kotoran di tempat yang disinggahi. Oleh karena itu, segera bersihkan jejak tikus sesegera mungkin untuk mencegahnya datang kembali. Dengan begitu, tikus bakal pergi.

Baca Juga: Begini Cara Mengusir Tikus Agar Tidak Bersarang di Mesin Mobil
Begini Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah, Salah Satunya Pakai Garam

5. Menggunakan kapur barus

Faktanya, tikus tidak suka dengan aroma dari kapur barus. Maka, jangan heran jika kapur barus menjadi salah satu bahan yang ampuh mengusir tikus di mesin mobil. Penggunaannya juga simpel banget. Kita hanya perlu menghancurkan kapur barus dan menebarkannya di setiap sudut mesin mobil.

6. Beri wewangian

Tikus sangat membenci aroma-aroma harum yang menyengat. Salah satu aroma yang dibenci oleh tikus adalah peppermint. Untuk menggunakannya juga sangat mudah. Cukup letakkan beberapa wewangian di ruangan mesin atau di setiap jalan masuk tikus.