Begini Cara Mudah Merawat Kura-kura

Ilustrasi penangkapan kura-kura di Bandara Internasional Narita. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:15 WIB

Sariagri - Tren memelihara kura-kura sebenarnya sudah cukup lama. Hewan yang berjalan lambat ini dipilih untuk dipelihara karena memiliki motif yang unik untuk beberapa jenisnya. Terlebih, untuk perawatannya sendiri kura-kura sangat mudah.

Perlu kamu ketahui, di beberapa negara memelihara hewan amfibi ini dipercaya dapat memberi keberuntungan. Jadi untuk kamu yang pemula dan tertarik untuk memelihara hewan, tidak ada salahnya memilih kura-kura.

Nah, sebelum memeliharanya, kamu perlu simak cara merawat kura-kura di bawah ini.

1. Siapkan kandang yang layak

Sama seperti hewan lainnya, merawat kura-kura juga harus menyediakan kandang yang layak. Kura-kura yang masih anakan cukup ditempatkan dalam akuarium kecil. Seiring bertambahnya usia, baru kamu ganti dengan kandang yang lebih besar.

Tips memilih kandang yang baik untuk kura-kura, kamu bisa mencari kandang yang didesain menjadi dua bagian, yaitu daratan dan perairan. Dengan perbandingan antara air dan daratan adalah 70:30.

2. Makanan bervariasi

Dibandingkan ikan, makanan kura-kura lebih bervariasi. Kamu bisa memberikan selada, serangga, cacing, ikan dan sayuran lainnya. Beberapa kura-kura juga bisa mengonsumsi buah-buahan, seperti pepaya, tomat atau pisang.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan porsi makannya. Jangan memberikan makanan kura-kura dalam jumlah yang banyak, karena bisa membuatnya buang air besar lebih sering. Kondisi ini akan membuat kura-kura jadi tidak nyaman.

3. Perhatikan kualitas air

Agar kura-kura bisa berkembang dengan optimal perhatikan juga kualitas air di kandang. Cara merawat kura-kura ini berlaku untuk jenis kura-kura air seperti kura-kura brazil.

Jenis kura-kura air cocok hidup di air tawar bebas kimia dengan suhu 20-25 derajat Celcius. Perhatikan juga kedalaman air di kandang, agar kura-kura dapat berenang dengan baik dan mengambil makanannya lebih mudah.

4. Rajin bersihkan kandang

Luangkan waktu seminggu sekali untuk membersihkan kandang kura-kura. Biasanya kotoran di kandang kura-kura dapat berupa lumut atau serangga yang bisa menghambat pertumbuhan kura-kura.

Jika kandang memiliki filter air otomatis, usahakan membersihkan air sesering mungkin. Hal ini tentu untuk menghindari kura-kura dari berbagai penyakit.

5. Bersihkan tempurung secara berkala

Tempurung kura-kura merupakan aset penting yang menjadi perlindungan mereka. Jadi setiap dua minggu sekali kita harus membersihkan tempurung kura-kura untuk menghindari lumut.

Tips membersihkan tempurung kura-kura cukup dengan menggosok secara lembut area tempurung menggunakan sikat halus atau handuk. Jangan menggosok tempurung kura-kura dengan kasar, karena bisa membuat kura-kura cedera.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Merawat Kura-kura
Banyak yang Belum Tahu, Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Menggaruk Tubuhnya

6. Terkena sinar matahari

Semua makhluk hidup membutuhkan sinar matahari, tidak terkecuali kura-kura. Mereka juga membutuhkan sinar UVB untuk mempertahankan tingkat produksi vitamin D3 yang optimal.

Tanpa sinar matahari, kura-kura tidak dapat memproses dan menggunakan kalsium dalam tubuh. Jadi usahakan menjemur kura-kura setiap pagi.

Video Terkait