Mengerikan, Ini 10 Daftar Hewan yang Paling Beracun di Dunia

Ilustrasi King Cobra (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 22 Agustus 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Di dunia ini, banyak sekali jenis hewan yang dianggap paling beracun. Meski beberapa makhluk tersebut terlihat lucu, nyatanya mereka sangat berbahaya dan mematikan.

Beberapa hewan ini memiliki bisa yang cukup mematikan. Kira-kira apa saja hewan yang beracun dan berbahaya di dunia, ya?

Berikut 10 Daftar Hewan yang Paling Beracun di Dunia

1. Laba-Laba Brasil

Studi yang diterbitkan di Live Science, laba-laba asal Brasil termasuk dalam hewan paling beracun. Habitat asli hewan merayap yang menyeramkan ini hidup di Amerika Selatan dengan iklim tropis. Laba-laba ini dapat mengeluarkan racun kuat yang secara perlahan melumpuhkan dan mencekik korbannya.

2. Pitohui Berkerudung

Ini bukanlah jenis burung yang biasa ditemukan di pohon. Pitohui adalah burung berkerudung yang menyimpan racun di kulit dan bulunya.

Melansir onekindplanet, racun tersebut disebut homobatrachotoxin. Termasuk dalam binatang paling beracun, ini dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan pada manusia saat kontak fisik. Diperkirakan racun itu berasal dari makanan yang ia makan sehari-hari, yakni kumbang.

3. Ular Viper Bersisik

Dikenal sebagai carpet viper, ular jenis ini dapat ditemukan di Afrika, India, Timur Tengah, Pakistan, dan Sri Lanka. Gigitannya terkenal menyakitkan dan terkadang berakibat fatal pada manusia.

Bahkan, pernah memegang rekor dunia untuk kematian terbesar akibat gigitan ular pada manusia. Selain kematian, ular jenis ini menyebabkan ribuan orang diamputasi.

4. Ikan Buntal

Puffer fish ini tergolong dalam hewan paling beracun di dunia. Racun di tubuhnya dapat menyerang kulit, hati, serta ginjal manusia dalam beberapa detik. Hanya dengan racun 1 ekor ikan buntal, bisa membunuh sampai 30 orang dewasa.

5. Semut Maricopa

Sengatan semut Maricopa 20 kali lebih beracun daripada racun lebah madu. Jika koloni semut Maricopa menyerang manusia, serangga tersebut dapat membunuh dengan menyerang saraf. Sejumlah orang yang merasakan racunnya, dapat bertahan paling lama 2 sampai 8 jam setelah gigitan.

6. Penyu Sisik

Memiliki ciri yang lucu dan menggemaskan, namun faktanya hewan laut dangkal ini memiliki racun di sekitar tubuhnya untuk melawan mangsa.

Bahkan, dagingnya juga mengandung racun yang bisa berakibat fatal jika dikonsumsi manusia. Diare, sakit perut, hingga mual-mual adalah gejala dari keracunan bisa penyu sisik.

7. Kalajengking Merah India

Dengan penjepit kecil dan ekor bulat, diketahui binatang satu ini memiliki sengatan yang begitu berbahaya. Kalajengking merah India menempati urutan teratas daftar binatang paling berbisa.

Hewan ini menyukai hidup di iklim tropis dan subtropis di sekitar India. Setelah disengat, gejala yang terlihat adalah mulai muntah, berkeringat tak terkendali, kejang-kejang, bahkan pingsan.

8. Ular Sendok Raja

Akrab disebut sebagai king cobra, ular satu ini termasuk dalam hewan paling beracun dan mematikan di dunia. Dalam jangka waktu 15 menit, bisa ular bahkan bisa mematikan satu manusia.

Dikatakan raja karena hewan ini juga memangsa jenis ular lainnya. Spesiesnya sering dijumpai di kawasan perhutanan Asia Tenggara dan Selatan.

9. Lalat Spanyol

Binatang paling beracun berikutnya ada pada kelompok serangga. Lalat Spanyol adalah sejenis kumbang lepuh yang menghasilkan racun dan disebut cantharidin.

Racun yang dikeluarkan akan diserap oleh kulit. Dalam hitungan detik, akan menyebabkan rasa sakit melepuh dan terbakar yang mengerikan.

Baca Juga: Mengerikan, Ini 10 Daftar Hewan yang Paling Beracun di Dunia
Jangan Takut, Ini Tips Mencegah Hewan Liar Masuk Rumah

10. Platipus

Platipus berparuh bebek adalah hewan mamalia yang paling berbisa bagi manusia. Platipus jantan bisa menyebarkan racun dari sekitar kakinya.

Gigitan dari platipus pun bisa menyebabkan hilang rasa pada anggota tubuh. Platipus dapat dengan mudah kita jumpai di sekitar dataran Australia.

Video Terkait