Tidak Hanya Anjing! 3 Hewan Ini Juga Dapat Menularkan Rabies Loh

Ilustrasi anjing. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Senin, 22 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Sariagri - Banyak orang yang mengatakan jika hewan peliharaan merupakan salah satu media dari penyebaran penyakit. Umumnya, anjing menjadi salah satu hewan peliharaan yang gampang menularkan berbagai macam penyakit. Salah satu yang paling banyak diketahui adalah virus rabies.

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa anak di bawah 15 tahun memiliki risiko terkena rabies lebih besar dan lebih mungkin tergigit oleh anjing yang memiliki rabies.

Namun selain anjing, ternyata masih ada beberapa hewan lainnya yang juga membawa virus rabies. Berikut hewan-hewan yang bisa menyebarkan rabies:

1. Kucing

Bukan hanya anjing, kucing juga rupanya berpotensi menularkan virus rabies. Saat sudah terkena rabies, kucing biasanya menjadi tak nafsu makan. Selain itu, mereka akan lebih agresif terhadap sesuatu, lebih sering mencakar serta bisa sampai mengalami kelumpuhan.

Baca Juga: Tidak Hanya Anjing! 3 Hewan Ini Juga Dapat Menularkan Rabies Loh
Hotel Khusus Hewan di Turki Kebanjiran Pelanggan Pasca Lockdown

2. Kelelawar

Berikutnya penularan rabies juga dapat disebabkan oleh kalelawar. Namun, pada kelelawar umumnya penularan ini terjadi di habitat yang memang penuh dengan populasi kelelawar cukup tinggi seperti kawasan hutan dengan goa dan pantai.

Sama seperti anjing, kelelawar menularkan virusnya lewat gigitan.

3. Sapi

Berhati-hatilah dengan hewan ternak yang satu ini, karena sapi juga berpotensi untuk menularkan virus rabies. Sapi yang terinfeksi virus rabies adalah saat mereka mengeluarkan busa lewat mulut. Selain hewan-hewan di atas, hewan lain yang juga dapat menularkan rabies adalah kera dan musang.

Video Terkait