Ini Loh Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik di Indonesia

Ilustrasi sarang lebah (Pxhere)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 21 Agustus 2022 | 20:30 WIB

Semua orang pasti sudah banyak yang mengetahui bahwa madu dihasilkan oleh lebah. Madu merupakan makanan yang kaya nutrisi dan sering dikonsumsi sehari-hari.

Tidak heran jika permintaan madu selalu banyak diminati, sebab dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan kuat.

Jenis lebah penghasil madu terbaik

Sariagri - 

Setidaknya ada beberapa jenis lebah penghasil madu yang populer di Indonesia. Namun berikut adalah 5 jenis lebah penghasil madu yang bisa dibudidayakan dan menghasilkan madu terbaik, yaitu:

1. Lebah Apis Cerana

Lebah apis cerana adalah jenis lebah yang banyak dibudidayakan secara tradisional hingga modern. Jika dibandingkan dengan jenis lebah lainnya, lebah ini memiliki sifat yang cukup ganas.

Lebah ini mampu menghasilkan madu dengan rasa lezat. Namun sayang serangga ini dinilai kurang produktif dalam menghasilkan madu. Oleh karenanya pembudidayaanya pun terbilang cukup sulit dilakukan.

2. Lebah Madu Raksasa

Selanjutnya adalah lebah dengan nama Apis Dorsata. Lebah ini banyak ditemukan di Kalimantan hingga Sulawesi. Hewan ini membuat sarang dari satu sisi saja, yang dibangun menggantung di ranting, jurang terjal, hingga di tebing.

Untuk memanen madu, diperlukan tenaga yang ekstra. Pemanen juga haris benar-benar hati-hati dalam memperhatikan lokasi sarangnya agar tidak terkena sengatannya.

3. Lebah madu merah

Lebah madu merah banyak mendiami wilayah Sumatra dan Kalimantan. Dibandingkan dengan jenis lainnya, serangga ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar. Di Kalimantan, ada banyak orang yang tertarik untuk melakukan budidaya binatang kecil ini.

Namun jika Sobat Agri merupakan peternak pemula, maka kamu harus benar-benar memperhatikan caranya. Sengatannya bisa sangat berbahaya jika kamu tidak dapat mengantisipasinya.

4. Lebah madu barat

Jenis ini bisa dikatakan cukup terbatas penyebarannya. Namun justru lebah ini menjadi jenis lebah favorit untuk dibudidayakan. Diketahui lebah madu barat memiliki kemampuan untuk melakukan adaptasi dengan lingkungan sekitarnya secara cepat dan baik. Daya tahannya juga mengagumkan.

Hal ini yang membuatnya banyak dibudidayakan. Bahkan lebah ini sudah tersebar luas dan hampir di setiap pulau besar di Indonesia ada yang membudidayakannya.

5. Lebah madu lokal Sulawesi

Apis Nigrocincta atau lebah madu lokal Sulawesi, hanya bisa ditemukan di Indonesia dan Filipina saja. Mereka jarang berpindah tempat, sebab Sang Ratu setiap harinya akan menghasilkan setidaknya 2000 telur.

Bagaimana Sobat Agri, apakah kamu tertarik budidaya kelima lebah ini?