5 Madu Termahal di Dunia yang Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

Ilustrasi Madu (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Sariagri - Sudah bukan rahasia lagi jika madu dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan sejak zaman dahulu, madu telah digunakan sebagai bahan pengobatan. Jenis madu sendiri sangat beragam, hal ini dipengaruhi oleh letak habitatnya.

Lokasi dimana madu berada juga turut mempengaruhi warna, rasa, dan aroma dari setiap madu. Hal ini dikarenakan oleh banyak faktor, seperti jenis tanaman sumber nektar, kandungan gizi, dan kualitas madu.

Daftar 5 Madu Termahal di Dunia

Tercatat, di bawah ini ada jenis-jenis madu dengan harga termahal di dunia. Harga yang fantastis ini dikarenakan sulitnya pengambilan dan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

1. Miel Lo Mejor del Bierzo

Miel Lo Mejor del Bierzo adalah madu yang diperoleh dari lebah yang hinggap di bunga-bunga yang tumbuh di provinsi León, Spanyol. Jangan khawatir jika tertarik untuk mencobanya, sebab madu ini sudah memiliki sertifikat halal, sehingga dapat dikonsumsi oleh kaum muslim. Harga satu kilogram Miel Lo Mejor del Bierzo adalah 150 euro atau setara dengan Rp2,4 juta.

2. Himalayan Honey

Berdasarkan namanya, madu Himalaya merupakan madu yang diperoleh dari lebah tebing Himalaya (Apis dorsata laboriosa). Lebah ini berukuran sangat besar dan mengumpulkan nektar dari bunga-bunga yang tumbuh di ketinggian pegunungan Himalaya. Lebah ini membuat sarangnya yang berukuran sangat besar di tebing-tebing terjal, pada ketinggian sekitar 2.500 -- 3.000 meter.

Selain sulit diperoleh, kandungan yang ada di dalam madu ini juga sangat bagus. Tak heran mengapa dalam setiap 200 gramnya, madu ini dijual dengan harga sekitar 169 dolar Amerika atau sekitar Rp2,4 juta.

3. Royal Yemen Sidr Honey

Sesuai namanya, madu ini berasal dari Yaman, yang diperoleh dari lebah yang mengumpulkan nektar pohon sidr (Ziziphus spina-christi). Setiap 100 gram madu Sidr, mengandung vitamin C sebanyak 75-150 mg. Hal inilah yang membuat Sidr Honey berkhasiat memperkuat sistem kekebalan tubuh, baik untuk lever, sakit maag, infeksi pernapasan, masalah pencernaan, luka yang terinfeksi dan luka bakar.

Namun karena hanya dapat dipanen satu hingga dua kali setahun, Sidr Honey cukup langka. Dilansir The Guardian, harga madu ini dapat mencapai 500 dolar Amerika per kilogramnya, atau sekitar Rp7,2 juta.

4. Elvish Honey

Madu ini pertama kali ditemukan oleh Günay Gündüz pada tahun 2009 di ketinggian gunung Saricayir Dagi, Turki. Madu ini telah diteliti dan ternyata di dalamnya mengandung mineral yang sangat banyak. Tak heran jika harga madu elvish honey menjadi sangat tinggi.

Untuk mendapatkan Elvish Honey, seseorang harus rela merogoh kocek sebesar 5.000 euro atau sekitar Rp81,2 juta untuk satu kilogram madu.

Baca Juga: 5 Madu Termahal di Dunia yang Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala
Imbas Perang dan Perubahan Iklim, Peternak Madu Yaman Alami Kesulitan

5. Centauri Honey

Centauri Honey ditetapkan sebagai madu termahal di dunia oleh rekor dunia Guinness pada 16 Februari 2021. Untuk mendapatkan madu ini, lokasinya sangat sulit, karena berada di dalam gua yang berada di ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut. Selain karena lokasinya, ternyata madu ini juga kaya akan magnesium, potasium, fenol, flavonoid, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Semua alasan itulah yang membuat harga Centauri Honey sangat fantastis. Sobat Agri harus mengeluarkan 10.000 euro atau sekitar Rp162,2 juta, hanya untuk mendapatkan satu kilogram century honey.

Video Terkait