Jenderal TNI Tembak Kucing Pakai Senapan Angin, Alasannya Jaga Kebersihan

Ilustrasi kucing liar. (Freepik)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Prantara Santosa menyebutkan bahwa pelaku penembakan kucing di lingkungan Sesko TNI Martanegara, Bandung, Jawa Barat adalah Brigjen TNI NA. Alasan pelaku menembaki kucing-kucing tersebut adalah ingin menjaga kebersihan.

"Berdasarkan pengakuannya, Brigjen TNI NA melakukan tindakan ini dengan maksud menjaga kebersihan & kenyamanan di lingkungan tempat tinggal/tempat makan Perwira Siswa Sesko TNI dari banyaknya kucing liar. Dan bukan karena kebencian terhadap kucing," kata Mayjen Prantara Santosa melalui keterangan tertulisnya.

Prantara menyebutkan Tim Hukum TNI akan menindaklanjuti proses hukum Brigjen TNI NA, dengan pasal 66 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan pasal 66A, pasal 91B Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Perlu diketahui, terungkapnya identitas penembak kucing-kucing di Sesko TNI ini berawal dari perintah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Sebelumnya, Andika mengatakan dirinya langsung memerintahkan penyelidikan peristiwa penembakan kucing-kucing itu.

Baca Juga: Jenderal TNI Tembak Kucing Pakai Senapan Angin, Alasannya Jaga Kebersihan
Heroik! Aksi Pria Selamatkan Kucing yang Nyaris Tenggelam di Lautan

Penembakan terhadap kucing-kucing di Sesko TNI sebelumnya sempat viral di media sosial. Diketahui ada 6 ekor kucing yang ditembak. Aksi penembakan ini pun sempat dikecam pecinta kucing dan hewan.

Melalui salah satu akun Instagram di Rumah Singgah Clow juga memperlihatkan foto salah satu kucing yang tertembak dan selamat. "Matanya ditembak dan tembus ke mulut, saat ini dibawa ke Amore Animal Clinic untuk penanganan X-Ray dan operasi," tulis unggahan akun itu.

Video Terkait