Hati-hati, Hewan Peliharaan Bisa Tertular Cacar Monyet dari Manusia

Ilustrasi anjing. (Foo: Unsplash)

Penulis: Putri, Editor: Dera - Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:45 WIB

Sariagri - Hewan peliharaan yang terkena cacar monyet harus diisolasi untuk memastikan tidak menyebarkan virus ke orang atau hewan lain. Hal tersebut disampaikan langsung oleh CDC setelah seekor anjing di Paris dilaporkan terinfeksi virus cacar monyet.

Mengutip Bloomberg, Rabu (17/8/2022), karena cacar monyet dapat menyebar melalui kontak dekat. Oleh sebab itu penderita cacar monyet harus berhati-hati saat memeluk atau membelai hewan peliharaannya. 

Hewan peliharaan juga dapat tertular virus melalui selimut atau barang-barang rumah tangga lainnya yang digunakan oleh penderita cacar monyet, kata CDC. Jika hewan peliharaan tampak sakit, pemilik harus menghubungi dokter hewan.

"Hewan peliharaan yang memiliki kontak dekat dengan orang yang bergejala cacar monyet harus berada di rumah dan jauh dari hewan dan manusia lain selama 21 hari setelah kontak terakhir," kata CDC yang berbasis di Atlanta, AS, dalam sebuah pernyataan.

CDC memperbarui panduannya setelah seekor anjing dilaporkan tertular cacar monyet dari pemiliknya. Kasus tersebut dianggap sebagai kasus pertama penularan dari manusia ke anjing.

Anjing greyhound berusia empat tahun itu mengalami lesi hampir dua minggu setelah pemiliknya, pasangan gay non-monogami, mulai menunjukkan gejala cacar monyet, menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada 10 Agustus di jurnal medis The Lancet.

Pemilik anjing, yang keduanya positif cacar monyet, melaporkan bahwa mereka membiarkan anjingnya tidur di tempat tidur mereka.

“Temuan kami memicu perdebatan tentang perlunya mengisolasi hewan peliharaan dari individu yang positif virus cacar monyet,” kata para penulis studi menyimpulkan.

"Kami menyerukan penyelidikan lebih lanjut tentang transmisi sekunder melalui hewan peliharaan."

Cacat monyet adalah virus zoonosis dapat berpindah dari manusia ke hewan, sama seperti virus corona yang menyebabkan SARS, MERS, dan COVID-19. Dalam wabah cacar monyet di masa lalu, virus ini menyebar ke manusia melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi, termasuk melalui konsumsi dagingnya.

Pada 2003, cacar monyet menyebar ke 47 orang di AS yang melakukan kontak dengan anjing padang rumput peliharaan yang terinfeksi. Hewan itu terinfeksi setelah ditempatkan di dekat mamalia kecil yang diimpor dari Ghana, menurut CDC.

Baca Juga: Hati-hati, Hewan Peliharaan Bisa Tertular Cacar Monyet dari Manusia
Pertama, Peneliti Temukan Kasus Penularan Cacar Monyet dari Orang ke Anjing

Ccar monyet juga dapat melompat kembali ke hewan dari manusia, sesuatu yang telah diperingatkan oleh para ahli dapat mempersulit upaya untuk menghentikan wabah ini. Hewan lain yang rentan terhadap infeksi cacar monyet termasuk tupai, chinchilla dan anjing, kata CDC.

Wabah menyebar terutama di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, sebagian besar melalui kontak dekat dan intim. Tetapi hewan juga dapat tertular virus jika terpapar dengan penderita cacar monyet.