5 Fakta Menarik tentang Keledai, Hewan Ternak yang Jadi Tenaga Transportasi

Ilustrasi Keledai (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Jumat, 19 Agustus 2022 | 07:30 WIB

Sariagri - Keledai merupakan hewan yang termasuk dalam keluarga kuda. Tak mengherankan sebab penampilan fisiknya memang terlihat mirip dengan kuda. Meski begitu, keduanya tetap memiliki perbedaan.

Perbedaannya dapat Sobat Agri lihat dari segi fisiknya yang lebih pendek dan kecil dibandingkan kuda yang ukurannya lebih besar dan kuat. Meski kecil, hewan yang bernama ilmiah Equus asinus ini, ternyata sudah dijadikan hewan pekerja sejak 5.000 tahun yang lalu.

Dahulu, sekitar 3.000 tahun sebelum masehi, di wilayah Afrika dan Mesopotamia hewan berkaki empat ini sudah dipelihara oleh manusia. Mereka dimanfaatkan sebagai alat transportasi atau membajak ladang.

Nah, perlu kamu ketahui nih, jika kuda betina dikawinkan dengan keledai jantan, nantinya akan menghasilkan jenis bagal. Sedangkan, jika mengawinkan kuda jantan dengan keledai betina, hasilnya menjadi jenis nagil.

Fakta menarik tentang keledai

Dibawah ini akan membahas fakta menarik tentang keledai. Simak informasinyabberikut ini, ya.

1. Hewan yang Berkelompok

Keledai adalah hewan berkelompok, baik di alam liar maupun di peternakan. Hewan ini sudah terbiasa hidup bersama dalam kawanannya dan mencari makan bersama-sama di padang rumput. Jika sampai hidup sendiri, keledai bisa mengalami stres, sedih, dan kehilangan selera makan.

2. Berasal dari Afrika

Keledai liar umumnya berasal dari spesies keledai liar Afrika dan keledai liar Asia. Namun, saat ini yang bisa dilacak hanyalah keledai liar Afrika yang sudah terancam punah.

Menurut IUCN, keledai liar Afrika tinggal tersisa 200 ekor di alam liar pada tahun 2014. Penyebab kepunahan spesies keledai asli Afrika adalah perburuan manusia yang menjadikan keledai sebagai bahan makanan.

3. Memiliki Telinga yang Besar

Keledai mempunyai telinga yang besar dan memanjang tegak ke atas. Hal ini bermanfaat untuk menyesuaikan diri di lingkungannya yang kering.

Telinganya ini bisa membantu meningkatkan indra pendengaran keledai, sehingga bisa mendengar panggilan kawanannya, pemangsa yang mendekat, dan tempat pembuangan suhu panas dari tubuh.

Dengan begitu, keledai dapat menyejukkan tubuhnya sendiri dengan cepat di lingkungan gurun yang panas.

4. Hewan Penjaga Ternak

Selain dijadikan tenaga transportasi, keledai juga bisa dimanfaatkan manusia sebagai hewan penjaga ternak.

Bahkan, keledai bisa bertahan melawan anjing, rubah, kucing hutan, dan serigala yang berusaha memangsa domba atau kambing. Hal ini sering dilakukan oleh para peternak domba atau kambing yang ada di Afrika.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Keledai, Hewan Ternak yang Jadi Tenaga Transportasi
Ahli Tekankan Sistem Kesehatan Hewan Perlu Ditingkatkan

5. Suaranya yang Unik

Kalau kuda suaranya seperti meringkik, keledai mengeluarkan suara yang lebih panjang dan unik. Mereka akan bersuara sambil menghirup udara dan menghembuskan napas.

Jadi, suara keledai akan berbunyi ‘heee’ saat menghirup udara dan ‘hawww’ saat menghembuskan napas. Durasinya tergantung pada komunikasi yang ingin mereka sampaikan pada kawanannya.

Video Terkait